6 Poin Surat Keputusan Menkes terkait Wabah Virus Korona

Riezky Maulana ยท Senin, 02 Maret 2020 - 19:37 WIB
6 Poin Surat Keputusan Menkes terkait Wabah Virus Korona

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. (Foto: iNews.id/ Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengeluarkan surat keputusan terkait wabah virus korona. Keputusan tersebut dikeluarkan sejak Selasa (4/2/2020).

Ada 6 poin dalam surat keputusan yang dikeluarkan Menkes, pertama menetapkan virus korona sebagai penyakit yang dapat menimbulkan wabah.

Kedua, pemerintah pusat dan pemerintah daerah melakukan upaya penanggulangan yang meliputi komunikasi risiko dan peningkatan komunikasi, informasi, edukasi kesehatan kepada masyarakat secara berkala termasuk kepada masyarakat yang akan berpergian ke wilayah terjangkit dengan materi terutama mengenai pencegahan penyebaran penyakit melalui praktik perilaku hidup bersih, sehat dan antisipasi penularan.

"Melakukan kesiapsiagaan, deteksi serta respons di pintu masuk negara dan di wilayah, penyiapan fasilitas pelayanan kesehatan perawatan dan rujukan serta fasilitas penunjang seperti laboratorium, bahan logistik kesehatan yang diperlukan beserta jejaringnya secara terpadu dan berkelanjutan," dikutip dari poin surat keputusan tersebut.

Ketiga, seluruh unit utama di lingkungan Kementerian Kesehatan melakukan komunikasi intensif dengan para pihak yang berkepentingan, baik di pusat maupun daerah sesuai tugas dan fungsinya guna mencegah penyebaran virus korona di wilayah Indonesia.

Kempat, segala bentuk pembiayaan dalam rangka upaya penanggulangan sebagaimana dimaksud diktum kedua dibebankan pada anggaran Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah dan atau sumber dana lain yang sah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kelima, pembiayaan sebagaimana dimaksud diktum keempat termasuk untuk biaya perawatan bagi kasus suspek yang dilaporkan sebelum keputusan menteri ini mulai berlaku mengacu pada pembiayaan pasien penyakit infeksi emerging tertentu sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Keenam, keputusan menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Editor : Kurnia Illahi