7 KA Baru Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen Mulai 1 Desember

Wildan Catra Mulia ยท Sabtu, 23 November 2019 - 04:00 WIB
7 KA Baru Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen Mulai 1 Desember

PT KAI (Persero) akan mengoperasikan tujuh kereta api jarak jauh baru mulai 1 Desember 2019. (Foto: ilustrasi/dok).

JAKARTA, iNews.id – Tujuh kereta api (KA) jarak jauh baru akan beroperasi mulai 1 Desember 2019. Empat KA akan berangkat dari Stasiun Gambir dan tiga lainnya dari Stasiun Pasar Senen.

Executive Vice President Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah mengatakan, pengoperasian tujuh KA baru ini dilakukan sesuai dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019. Ini sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Gapeka Tahun 2019 PT KAI (Persero).

“Penetapan Gapeka 2019 merupakan penggantian terhadap Gapeka 2017 yang sebelumnya digunakan oleh KAI. Tentunya dengan beroperasinya KA baru ini kami berharap dapat memenuhi aspirasi dan kebutuhan pelanggan terhadap layanan kereta api, sehingga kereta api selalu menjadi transportasi yang dapat diandalkan,” kata Dadan di Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Dia menjelaskan, dari tujuh KA baru empat di antaranya berangkat dari Stasiun Gambir dan tiga KA lainnya keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen.

Berikut perjalanan 7 KA baru:

3 KA Baru di Stasiun Pasar Senen:

- Anjasmoro Ekspres relasi Pasar Senen-Yogyakarta-Jombang (pp). Dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 05.25 WIB.

- Dharmawangsa Ekspres relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi (pp). Dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 08.25 WIB.

- Fajar Utama Solo relasi Pasar Senen-Solo (pp). Dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 05.50 WIB. Fajar Utama solo merupakan perubahan nama dari Senja Utama Solo karena perubahan waktu keberangkatan yang sebelumnya malam hari menjadi berangkat di pagi hari.

4 KA Baru di Stasiun Gambir:

- KA Argo Wilis sebelumnya Surabaya Gubeng-Bandung (pp), kini mengalami perpanjangan relasi menjadi Surabaya Gubeng-Bandung-Gambir (pp). Keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 05.00 WIB.

- KA Mutiara Selatan sebelumnya Malang-Surabaya Gubeng-Bandung (pp), kini mengalami perpanjangan relasi menjadi Malang-Surabaya Gubeng-Bandung-Gambir (pp). Keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 17.10 WIB.

- KA Malabar sebelumnya Malang-Bandung (pp), kini mengalami perpanjangan relasi menjadi Malang-Bandung-Pasar Senen (pp). Jadwal keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 16.10 WIB.

- KA Turangga sebelumnya Surabaya Gubeng–Bandung (pp), kini mengalami perpanjangan relasi menjadi Surabaya-Bandung-Gambir (pp). Keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 14.00 WIB.

Selain hadirnya 7 KA Baru, perjalanan KA di Daop 1 Jakarta juga akan mengalami perubahan jadwal, waktu tempuh, serta pengembangan layanan beberapa stasiun yang kini dapat mengakomodasi naik turun penumpang KA jarak Jauh sesuai Gapeka 2019 dengan rincian sebagai berikut :

Perubahan Waktu Tempuh KA:

- KA Brantas relasi Blitar ke Pasar Senen mulai 1 Desember 2019 akan mengalami pengurangan waktu tempuh 54 menit dari sebelumnya 15 jam 4 menit menjadi 14 jam 25 menit.

- KA Singasari relasi Blitar ke Pasar Senen mulai 1 Desember 2019 akan mengalami pengurangan waktu tempuh 45 menit dari sebelumnya 15 jam 55 menit menjadi 14 jam 40 menit.

Perubahan Stasiun Naik Turun Penumpang:

- Stasiun Bekasi: KA Menoreh, Kutojaya Utara, Jayakarta Premium, Mutiara Selatan pada Gapeka 2019 akan berhenti di stasiun Bekasi.

- Stasiun Karawang: KA Serayu, Jaka Tingkir, Tawangjaya Premium pada Gapeka 2019 akan berhenti di stasiun Karawang. Sebelumnya tiga KA tersebut melintas langsung (tidak berhenti).


Editor : Zen Teguh