7 Kasus Uang Rusak Dimakan Rayap di Indonesia, Nomor 6 Tabungan Kurban

Ajeng Wirachmi ยท Sabtu, 17 September 2022 - 11:46:00 WIB
7 Kasus Uang Rusak Dimakan Rayap di Indonesia, Nomor 6 Tabungan Kurban
Kasus uang jutaan dimakan rayap beberapa kali terjadi di Indonesia. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menyimpan uang di celengan plastik atau tempat lain yang kurang sesuai peruntukannya memang menimbulkan banyak risiko. Salah satu risiko yang dihadapi yaitu uang tersebut bisa rusak dimakan rayap

Terbaru, uang tabungan Rp50 juta penjaga sekolah di Solo bernama Samin dimakan rayap. Padahal uang itu merupakan tabungan untuk haji.

Peristiwa tersebut sebenarnya sudah beberapa kali terjadi di Indonesia. Berikut deretan kasus uang rusak karena dimakan rayap di Indonesia:

1. Tabungan Rp50 Juta Penjaga Sekolah Bernama Samin Solo, Jawa Tengah Dimakan Rayap

Seorang penjaga sekolah SDN Lodjiwetan, Solo bernama Samin harus menelan pil pahit. Uang senilai Rp50 juta yang sudah ditabungnya di dalam celengan selama 2,5 tahun rusak karena dimakan rayap.

Sebenarnya, Samin menabung dalam dua celengan plastik berbeda. Uang yang rusak berada di salah satu celengan tersebut.

Apabila jumlah uang di kedua celengan itu digabungkan, dia memiliki uang sekitar Rp100 juta. Melansir iNews.id, menabung di celengan menjadi pilihan Samin lantaran dia tidak memiliki cukup waktu untuk pergi ke bank.

Karena kejadian tersebut, Bank Indonesia (BI) mengganti sebagian uang Samin. Pada tahap identifikasi pertama, BI memutuskan uang yang memenuhi syarat untuk diganti Rp9,910 juta. 

Di tahap kedua, akhirnya BI kembali memutuskan pada 15 September 2022 bahwa total nilai uang yang diganti bertambah menjadi Rp20,200 juta. Nominal ini sudah mencapai angka maksimal yang bisa dibantu BI. 

2. Uang Tabungan Rp15 Juta Hasil Kerja Keras 14 Bulan di Kolaka, Sulawesi Tenggara Rusak Dimakan Rayap

Nurhaya, seorang warga Kolaka, Sulawesi Tenggara tak menyangka bahwa uang sebesar Rp15 juta hasil kerja kerasnya rusak dimakan rayap. Peristiwa yang terjadi pada Januari 2021 tersebut tersebar luas dan viral di media sosial. 

Nurhaya sudah menyimpan uang tabungannya di bawah kasur selama 14 bulan. Sedianya, uang tersebut digunakan untuk membangun rumah.

Diketahui, selama ini Nurhaya tinggal di rumah saudaranya dan sudah berniat untuk membangun rumah sendiri. Sayangnya, uang rusak tersebut hanya dihargai Rp900.000 oleh pihak bank. 

3. Uang Rp4 Juta Disimpan di Plastik Hitam di Gunungkidul, Yogyakarta Rusak Dimakan Rayap

Selanjutnya, ada kasus uang rusak yang dialami Sunardi (61) di Gunungkidul pada Juli 2020. Uang dengan nominal Rp4 juta yang dia kumpulkan di dalam sebuah plastik hitam dan diletakkan di rumah tua itu dimakan rayap.

Berbagai sumber menyebut, Sunardi sangat terkejut ketika membuka bungkusan tersebut. Sebab, uang sebanyak 40 lembar dengan pecahan Rp100.000 rusak.

Karena usianya yang sudah tidak muda lagi, dia kerap lupa dirinya sedang menyimpan uang. Bahkan beberapa tahun sebelumnya, Sunardi juga menyimpan uang sebesar Rp2,5 juta hingga kedaluwarsa. Alhasil, uang-uang itu tidak dapat digunakan.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda