8 Cara Mengirim CV dan Lamaran Kerja lewat Email, Dijamin Dilirik HRD!
Pada body email, Anda harus menuliskan beberapa hal berikut ini:
Sapaan untuk perekrut.
Perkenalan diri singkat (nama, job title, dan pendidikan terakhir).
Sebutkan sumber Anda mendapatkan informasi lowongan kerja pada perusahaan yang dilamar.
Tuliskan tujuan Anda mengirim email, yakni melamar pekerjaan.
Sebutkan posisi yang ingin dilamar.
Jelaskan alasan ingin melamar pekerjaan tersebut.
Jelaskan pengalaman kerja/magang/pengalaman lain yang berhubungan dengan posisi yang dilamar.
Harapan agar diterima kerja atau dipanggil untuk interview.
Jelaskan kalau Anda melampirkan CV dan dokumen lain yang dibutuhkan.
Salam dan terima kasih.
Setelah menyiapkan CV, Anda bisa melampirkannya bersama dokumen lain yang dibutuhkan. Pada beberapa posisi, portofolio biasanya juga diperlukan, sehingga tak boleh terlewatkan.
Sebelum dikirim, periksa kembali email Anda dengan teliti. Pastikan tidak ada kesalahan ketik atau informasi yang terlewat.
Demikianlah cara mengirim CV dan lamaran kerja lewat email dengan benar. Dengan mengikuti tips-tips di atas, lamaran kerja Anda akan lebih berpeluang untuk diterima oleh perusahaan.
Editor: Simon Iqbal Fahlevi