AHY Pastikan Masyarakat Bisa Turun di Stasiun MRT Thamrin-Monas Tahun 2027
JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meninjau proyek pembangunan MRT Fase 2A yang menghubungkan stasiun HI - Kota pada Senin (26/5/2025). Ia pun menargetkan Stasiun Thamrin dan Monas rampung pada 2027 mendatang.
Menurut AHY, MRT Fase 2A terdiri atas tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota. Saat ini, progres pembangunan secara keseluruhan trase tersebut mencapai 48 persen.
Khusus pembangunan MRT dari Thamrin - Monas sudah tembus 87 persen, targetnya tahun 2027 mendatang sudah siap beroperasi untuk melayani penumpang.
"Sesuai dengan timeline-nya kalau tadi saya mendengarkan penjelasan Bapak Dirut, tahun 2027 kita harapkan sudah bisa operasional dituntaskan dari Thamrin menuju Monas," ucap dia dalam konferensi pers di Monas, Senin (26/5/2025).
AHY mengatakan Stasiun MRT Thamrin dan Monas akan dioperasikan lebih awal, meskipun progres pembangunan Fase 2A belum rampung sampai Kota. Sehingga kedua stasiun tersebut sudah dapat digunakan masyarakat tahun 2027 mendatang.
Stasiun Monas nantinya akan memiliki 2 akses, pertama akses yang langsung berada di dalam kawasan Silang Monas, dan akses kedua yang berada di sisi jalan Medan Merdeka Barat.
"Stasiun Monas ini, nanti ada 2 entrance, 2 akses. Akses pertama di sini, jadi begitu keluar langsung melihat Monas, sedangkan akses yang satunya lagi itu nanti di belokan ke jalan museum (Merdeka Barat), di situ diharapkan juga bisa mengurai para pengguna MRT ke depan," tambahnya.
Sementara itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta, Tuhiyat menambahkan kedalaman terowongan MRT Thamrin - Monas ini 19 meter, dengan diameter dalam 6 meter.
"Tentunya kalau setiap pembangunan itu tantangan mesti ada. Tantangan yang utama yang kita hadapi sebetulnya lebih kepada agak teknis sedikit, yaitu utilitas," tambahnya.
Pembangunan Fase 2A sendiri dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI—Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027, dan segmen dua Harmoni—Kota yang ditargetkan selesai pada 2029.
Fase 2A MRT Jakarta dibangun dengan biaya sekitar Rp25,3 triliun melalui dana pinjaman kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang. Berbeda dengan fase 1, fase 2A dibangun sekaligus dengan mengembangkan kawasan stasiun dengan konsep kawasan berorientasi transit (transit oriented development).
Editor: Puti Aini Yasmin