AKBP Andi Sinjaya Ghalib Dipromosikan Jadi Kapolres Enrekang, Ini Rekam Jejaknya

Irfan Ma'ruf ยท Minggu, 18 Oktober 2020 - 13:42 WIB
AKBP Andi Sinjaya Ghalib Dipromosikan Jadi Kapolres Enrekang, Ini Rekam Jejaknya

AKBP Andi Sinjaya Ghalib (tengah) saat menjabat kasat reskrim Polres Jakarta Selatan dalam gelar kasus pengeroyokan terhadap remaja di Mapolres Jakarta Selatan, Senin (6/1/2019). (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf)).

JAKARTA, iNews.id - AKBP Andi Sinjaya Ghalib dipromosikan sebagai Kapolres Enrekang, Sulawesi Selatan. Dia akan menggantikan AKBP Endon Nurcahyo yang dirotasi sebagai Kapolres Pangkep.

Promosi jabatan Andi Sinjaya tertuang dalam Surat Telegram bernomor ST/2935/X/KEP/2020 tertanggal 13 Oktober 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Telegram ditandatangani oleh Asisten SDM Polri Brigen Pol Sutrisno Yudi Hermawan.

Mutasi jabatan hal biasa di dalam Polri sebagai regenerasi, tour of area dan tour of duty, serta dalam rangka mengoptimalkan kinerja organisasi," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono kepada iNews.id.

Andi Sinjaya saat ini menjabat sebagai Koordinator Tenaga Pendidik (Korgadik) Sekolah Polisi Negara (SPN) Lido Polda Metro Jaya. Dengan promosi jabatan tersebut, dalam waktu dekat dia akan menjalani sertijab sebagai orang nomor satu di Polres Enrekang.

Andi Sinjaya merupakan lulusan Akademi Kepolisian 2002. Putra mantan Jaksa Agung Andi M Ghalib ini dikenal sebagai perwira dengan kemampuan reserse mumpuni.

Saat menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, sejumlah kasus tindak pidana dibongkarnya. Beberapa yang cukup menonjol antara lain aksi koboi pengendara mobil mewah Lamborghini di Kemang.

Peristiwa itu terjadi pada Desember 2019. Pengendara Lamborghini yang tersinggung menghardik dan menodongkan senjata api kepada dua remaja. “Sudah kita tangkap,” kata Andi Sinjaya, sehari setelah peristiwa itu viral di media sosial.

Belakangan diketahui, kasus tersebut menyeret anak selebritas Ayu Azhari, Axel Djody Gondokusumo. Andi Sinjaya dan timnya meringkus Axel kerena diduga kuat sebagai orang yang memperjualbelikan senjata api kepada Abdul Malik, sang pengendara Lamborghini.

Banyaknya kasus pengungkapan senpi ilegal saat menjabat di Polrestro Jakarta Selatan itu juga membuat Andi diganjar penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Penghargaan diserahkan pendiri Muri, Jaya Suprana pada Rabu (12/2/2020).

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua