Akui Terima 20.000 Dolar AS dari Djoko Tjandra, Brigjen Prasetijo Utomo: Saya Anggap Uang Pertemanan

Ariedwi Satrio ยท Senin, 15 Februari 2021 - 19:05:00 WIB
Akui Terima 20.000 Dolar AS dari Djoko Tjandra, Brigjen Prasetijo Utomo: Saya Anggap Uang Pertemanan
Mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri, Brigjen Prasetijo Utomo mengaku menerima 20.000 Dolar AS dari Djoko Tjandra melalui Tommy Sumardi. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Brigjen Prasetijo Utomo membacakan nota pembelaan atau pleidoi dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Senin (15/2/2021) dalam kasus penghapusan Djoko Tjandra dari daftar pencarian orang (DPO). Dia mengaku menerima uang 20.000 Dolar AS dari Djoko Tjandra.

Prasetijo menyebut uang itu diterimanya dari rekan Djoko Tjandra, Tommy Sumardi. Dia mengaku hanya menerima sebesar 20.000 Dolar AS dari Tommy Sumardi dan tak lebih sedikitpun.

"Saya mengakui menerima uang 20.000 Dolar AS dari Tommy Sumardi tidak lebih dan tidak kurang, saya tidak pernah minta menarget atau memeras Tommy Sumardi apalagi dikatakan membagi-bagi uang yang bukan milik saya, ini sangat tidak sopan saya sebagai pejabat negara," ujar Prasetijo di ruang sidang, Senin (15/2/2021).

Menurut Prasetijo, uang 20.000 Dolar AS dari Tommy Sumardi itu dianggapnya sebagai tanda pertemanan. Dia mengklaim sama sekali tidak mengetahui jika uang itu berkaitan dengan penghapusan nama Djoko Tjandra dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Penerimaan itu murni uang pertemanan saya dan Tommy Sumardi, namun saya tidak pernah menyangka pernerimaan uang itu jadi perbuatan pidana yang berjung persidangan. Saya tidak tahu 20.000 Dolar AS yang saya terima akan dikaitkan dengan penghapusan red notice yang jadi pokok persoalan masalah ini," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3