Anggota DPR dari Fraksi PDIP Minta Polemik RUU HIP Dihentikan, Sekarang BPIP

Muhamad Rizky ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 20:37 WIB
Anggota DPR dari Fraksi PDIP Minta Polemik RUU HIP Dihentikan, Sekarang BPIP

Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Muchamad Nabil Haroen. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Polemik Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) diminta dihentikan. RUU yang menimbulkan kontroversial itu dinilai tidak ada lagi.

Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Muchamad Nabil Haroen mengatakan, pemerintah dan DPR sepakat tidak lagi membahas RUU HIP.

"RUU HIP itu sudah tidak lagi ada, tidak lagi dibahas, tak dipakai lagi. Ketika tak dibahas, tak dipakai ngapain diungkit lagi," ujar Nabil dalam tayangan iNews TV bertajuk, Nasib RUU HIP, Kamis (16/7/2020).

Dia menuturkan, pembahasan berikutnya, yaitu RUU Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sebagai pengganti RUU HIP. Proses pembahasan kata dia dimulai setelah masa wabah virus corona (Covid-19) berlalu.

"Sudah jelas aspirasi masyarakat (sudah diterima) sudah tidak dipakai lagi RUU HIP sekarang yang akan dibahas RUU BPIP setelah Covid-19," ucapnya.

Menurutnya, RUU BPIP berbeda dengan RUU HIP. RUU BPIP dinilai penting agar memiliki payung hukum sehingga tidak bisa diubah-ubah.

"Perpustakaan saja ada UU, masa badan sepenting BPIP tak memiliki UU," katanya.

Editor : Kurnia Illahi