Antrean Membludak Tes PCR di Bandara, Biro Haji Minta Pemerintah Sederhanakan Sistem

Widya Michella ยท Senin, 28 Maret 2022 - 13:01:00 WIB
Antrean Membludak Tes PCR di Bandara, Biro Haji Minta Pemerintah Sederhanakan Sistem
Ilustrasi Penumpang di Bandara. Pemerintah diminta memperbaiki sitem anteran tes PCR (Foto: iNews/Edy Gustan)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah diminta untuk menyederhanakan sistem antrean di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Antrean tes PCR dinilai masih bisa diperbaiki.

Seperti diketahui, antrean panjang penumpang pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) terjadi di Terminal kedatangan Soetta Tangerang, Minggu,(27/3/2022) yang diduga karena menunggu giliran tes PCR.

"Terkait dengan kemacetan atau crowded di bandara karena kedatangan dari luar negeri. Saran saya dari asosiasi adalah dibuat penyederhanaan sistem saat pendataan jemaah, jadi (kemarin) itu terlalu panjang apalagi sudah tidak ada karantina hotel," kata Wakil Ketua Umum Afiliasi Mandiri Penyelenggara Umrah Haji (AMPUH), Tri Winarto kepada MNC, Senin,(28/3/2022).  

Kemudian, dia juga meminta agar pemerintah menambahkan jumlah petugas bandara yang berjaga mengawasi antrean. 

Terakhir, Tri meminta agar pemerintah dapat menambah pintu untuk proses pemberkasan, agar antrean semakin lancar dan cepat selesai dari proses kedatangan hingga ke imigrasi. 

"Saat kedatangan jemaah atau atau kedatangan dari luar negeri itu ketika turun sebelum ke imigrasi hanya ada satu pintu saja untuk proses pemberkasan data. Setelah itu keluar barcode lalu bayar, terus PCR, baru keluar, itu yang terjadi sekarang," ujar dia. 

Dia pun mengkhawatirkan jika nantinya terjadi peningkatan PPLN terutama menjelang Ramadhan. Sebab pada saat itu, akan banyak calon jemaah umrah yang ingin melaksanakan ibadah ke tanah suci. 

"Jika dalam waktu yang sama itu jumlah pesawat yang landing CGK itu banyak, tentu satu pintu itu tidak muat. Jadi sebaiknya mungkin bisa dibuat blok yang lain sebagai pintu kedua sehingga akan memudahkan," kata dia.

Tri pun sempat menghitung lamanya antrian normal saat 1 pesawat umrah landing di Jakarta. Dengan penumpang kurang lebih 250 sampai 300 yang mencapai satu hingga dua jam.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda