Arief Budiman Positif Covid-19 Usai Satu Mobil dengan Ketua KPU Sulsel di Makassar

Felldy Utama ยท Sabtu, 19 September 2020 - 11:59 WIB
Arief Budiman Positif Covid-19 Usai Satu Mobil dengan Ketua KPU Sulsel di Makassar

Ketua KPU, Arief Budiman saat menyampaikan konferensi pers terkait perkembangan Pilkada 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/9/2020). (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman terkonfirmasi positif Covid-19. Dia baru saja menjalani kegiatan di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) beberapa hari yang lalu.

Komisioner KPU Viryan Aziz mengungkap fakta baru terkait kasus positif Arief. Sebelum diketahui positif, Arief ternyata satu mobil dengan Ketua KPU Sulsel Faisal Amir.

"(Kunjungan terakhir Arief Budiman) ke Makassar, ke Unhas," kata Viryan dalam diskusi daring bertajuk 'Kampanye Pilkada di tengah Virus Corona', Sabtu (19/9/2020).

Dia menduga dinyatakannya Arief Budiman positif Covid-19 ada kaitannya Faisal. Namun dia belum menerima informasi lebih lengkap.

"Iya, memang kami dapat berita seperti itu (ketua KPU Sulsel positif Covid-19). Dimungkinkan terjadi karena mas Arief dan Ketua KPU Sulsel satu mobil pada saat di Makassar," ujarnya.

Dengan dugaan seperti itu, Viryan mengaku yang menjadi penelusuran pihaknya saat ini adalah mencari tahu sumber awal infeksi Covid-19 itu berasal dari siapa. "Apakah dari Pak Arief kepada Pak Faisal atau Pak Faisal ke Pak Arief," tutur dia melanjutkan.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengumumkan dirinya positif Covid-19. Kepastian tersebut diperoleh setelah dia menjalani tes usap (swab test) pada Kamis (17/9/2020) malam.

Arief mengatakan, terkait dengan hasil swab tersebut, dirinya kini sedang menjalani isolasi mandiri. "Saat ini saya sedang menjalani karantina mandiri," kata Arief, Jumat (18/9/2020).

Editor : Muhammad Fida Ul Haq