Azis Syamsuddin Minta CCTV di DPR Diperiksa, Begini Respons KPK

Raka Dwi Novianto · Selasa, 28 Desember 2021 - 10:03:00 WIB
Azis Syamsuddin Minta CCTV di DPR Diperiksa, Begini Respons KPK
Mantan Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin meminta CCTV di ruang kerjanya di DPR dibongkar. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Terdakwa mantan Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin meminta tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada KPK membongkar rekaman CCTV di ruang kerjanya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. Hal tersebut disampaikan Azis untuk membuktikan pengakuan saksi mantan Kadis Bina Marga Lampung Tengah, Taufik Rahman dalam sidang yang digelar Senin (27/12/2021).

Menanggapi itu, KPK meyakini apa yang disampaikan oleh Taufik merupakan keterangan yang telah sesuai. Karena sebelum bersaksi, Taufik telah disumpah.

"Ketika saksi menerangkan di depan Majelis Hakim, dipastikan sudah disumpah menurut agamanya. Sehingga apa yang diterangkan tersebut berikutnya akan dilakukan penilaian baik oleh hakim, jaksa, penasihat hukum maupun terdakwa," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Selasa (28/12/2021).

Meski begitu, Ali mengatakan Azis mempunyai hak untuk membantah setiap keterangan saksi termasuk Taufik. Termasuk apabila membantah keterangan saksi dan memiliki bukti sebaliknya, dipersilakan menghadirkannya di depan Majelis Hakim. Karena Azis memiliki kesempatan yang sama dengan tim jaksa.

"Namun demikian, kami tentu telah memiliki bukti-bukti yang kami yakini kuat atas dugaan perbuatan Terdakwa Azis Syamsuddin sebagaimana uraian dakwaan Tim Jaksa," tuturnya.

Sebelumnya, Azis tidak yakin dengan pengakuan Taufik Rahman dalam sidang lanjutan kasus dugaan suap terkait pengurusan perkara. Azis mengaku tidak ingat pernah bertemu dengan Taufik Rahman di ruang kerjanya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: