Belanda Menyerah kepada Jepang di Indonesia pada Tanggal Berapa? Ini Sejarahnya

puti aini yasmin · Senin, 07 Februari 2022 - 10:12:00 WIB
Belanda Menyerah kepada Jepang di Indonesia pada Tanggal Berapa? Ini Sejarahnya
Ilustrasi Belanda menyerah kepada Jepang. (Dok.)

JAKARTA, iNews.id - Belanda menyerah kepada Jepang di Indonesia pada tanggal berapa? Agar lebih jelas, ini sejarah lengkap penyerahan Indonesia dari Belanda ke Jepang.

Di Mana Belanda Menyerah kepada Jepang?

Belanda menyerah kepada Jepang di indonesia pada tanggal 8 Maret 1942. Penyerahan dilakukan oleh Jenderal Tjarda van Starkenborgh Stachouwer (Gubernur Jenderal Belanda), Letnan Jenderal Ter Poorten (Panglima tentara Hindia Belanda) serta pejabat tinggi militer dan penerjemah di Kalijati.

Jadi, dikutip dari buku 'Ilmu Pengetahuan Sosial 3' terbitan Grasindo, Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang pada tanggal 8 Maret 1942. Adapun, tempat penyerahan kekuasaan oleh Belanda adalah Kalijati. Dengan begitu, secara resmi Jepang berkuasa di Indonesia.

Mengapa Jepang Bisa Mengalahkan Belanda?

Jepang pertama kali menyerbu Indonesia pada 11 Januari 1942 dan mendarat di Tarakan (Kalimantan Timur). Ia melakukan itu untuk memperluas kekuasaan di Asia.

Kemudian, Belanda melakukan serangan kepada pihak Jepang. Namun, pada tanggal 24 Januari 1942, tentara Jepang berhasil menguasai sumber minyak di Kalimantan dan 29 Januari menduduki Pontianak.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda