Bertemu Petani Bawang di Nganjuk, Puan Maharani Janji Sampaikan Keluhan ke Pemerintah

Felldy Utama ยท Selasa, 21 Desember 2021 - 20:35:00 WIB
Bertemu Petani Bawang di Nganjuk, Puan Maharani Janji Sampaikan Keluhan ke Pemerintah
Ketua DPR, Puan Maharani berdialog dengan petani bawang di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur (Jatim), Selasa (21/12/2021). (Foto: MPI/Felldy Utama)

NGANJUK, iNews.id - Ketua DPR, Puan Maharani berjanji kepada sejumlah petani bawang di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur (Jatim) untuk menyampaikan keluhannya kepada pemerintah. Adapun, keluhan yang datang ke Puan mulai dari kurangnya stok pupuk subsidi hingga harga jual bawang di pasar yang sangat anjlok.

Keluhan pertama datang dari Wakidi, salah seorang perwakilan petani yang menyampaikan masalah sulitnya mendapatkan pupuk pada waktu tanam, bahkan jumlahnya  tidak mencukupi kebutuhan. Salah satunya karena ada pengurangan subsidi pupuk yang berakibat kenaikan harga pupuk non subsidi.

"Pengurangan pupuk subsidi membuat harga pupuk non subsidi naik tinggi, harganya mahal sekali Bu," kata Wakidi saat berdialog dengan Puan di Balai Desa Mojorembun, Nganjuk, Selasa (21/12/2021)..

Tak hanya itu, dia juga mengeluhkan harga panen bawang merah yang sangat rendah membuat petani pusing. Dia mengungkap, jika tengah anjlok harganya bisa mencapai Rp7.000 per kilogram.

"Tidak ada solusi yang baik. Petani tidak ada hasilnya apapun, malah rugi. Mohon untuk pemerintah, dibantu DPR, masalah harga dan pupuk untuk segera diselesaikan," ujarnya.

Sementara, keluhan lain juga datang dari perwakilan petani petani bawang merah bernama Wiji yang menyebut petani mengalami kesulitan modal untuk bertanam. Bahkan sampai harus menggadaikan sertifikat sebagai modal untuk menanam bawang.

Wiji meminta pemerintah menjaga harga bawang di pasar supaya stabil. Dia mengeluhkan, pemerintah baru turun tangan ketika harga bawang merah tinggi di pasaran.

"Kalau harga bawang merah tinggi pasar dioperasi, kalau harga murah pemerintah tidak operasi. Kalau tidak utang di BRI tidak ada untuk menanan bawang," tuturnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: