Bertemu Presiden Kenya, Puan Singgung Hubungan Historis yang Dipelopori Bung Karno

Carlos Roy Fajarta ยท Rabu, 12 Oktober 2022 - 21:24:00 WIB
Bertemu Presiden Kenya, Puan Singgung Hubungan Historis yang Dipelopori Bung Karno
Ketua DPR Puan Maharani bertemu dengan Presiden Republik Kenya, William Samoei Ruto. (Foto istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR Puan Maharani bertemu dengan Presiden Republik Kenya, William Samoei Ruto. Sejumlah isu turut dibahas, khususnya mengenai peningkatan kerja sama antara Indonesia dengan Kenya.

Pertemuan bilateral antara Puan dan William Samoei Ruto digelar di Gedung Negara Kenya yang berada di Ibukota Negara, Nairobi, Rabu (12/10/2022). Di awal pertemuan, Puan mengucapkan selamat kepada Ruto yang baru saja dilantik sebagai Presiden Kenya pertengahan September lalu.

“Saya mengharapkan kesuksesan bapak dalam memimpin rakyat Kenya menuju masa depan yang lebih baik. Di bawah kepemimpinan bapak, saya harapkan hubungan Indonesia dan Kenya dapat berkembang lebih erat lagi,” kata Puan, Rabu (12/10).

Hubungan diplomatik Indonesia-Kenya telah terjalin sejak tahun 1979, dan semakin dipererat dengan dibukanya perwakilan kedua negara, KBRI Nairobi pada 1982 serta Kedutaan Besar Republik Kenya di Indonesia yang diresmikan pembukaannya pada Maret 2022. 

Puan pun menyinggung hubungan erat Indonesia dengan negara-negara di Afrika. Termasuk Kenya, sejak Konferensi Asia Afrika yang dipelopori oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno.
 
“Indonesia memiliki hubungan historis yang erat dengan negara-negara di Afrika. Presiden Pertama Indonesia, Bapak Soekarno, merupakan inisiator Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955,” ucap dia.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda