Biografi Soekarno Lengkap, Proklamator Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Kezia Veronica Corne ยท Selasa, 16 Agustus 2022 - 13:08:00 WIB
Biografi Soekarno Lengkap, Proklamator Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945
Biografi Soekarno Lengkap dan Singkat

JAKARTA, iNews.idBiografi Soekarno menjadi salah satu kisah hidup yang harus diketahui setiap masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, pria yang akrab disapa Bung karno ini merupakan proklamator kemerdekaan sekaligus presiden pertama Indonesia.

Sosoknya juga dikenal sebagai Putra Sang Fajar karena beliau lahir saat fajar menyingsing. Lalu bagaimana menjelaskan secara detail siapa itu Soekarno sebenarnya? Berikut informasinya.

Biografi Soekarno Lengkap dan Singkat

  • Masa Kecil Soekarno

Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Blitar dengan nama lengkap Soekarno adalah Kusno Sosrodihardjo. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai.

Saat umur 11 tahun nama Kusno kemudian diganti menjadi Soekarno, karena saat masih kecil ia sering sakit-sakitan. Oleh karena itu, menurut kebiasaan orang Jawa namanya harus diganti.

Ketika kecil, Soekarno tinggal bersama kakeknya, Raden Hardjokromo di Tulungagung, Jawa Timur.  Ia mengenyam pendidikan pertamanya di Tulungagung sebelum akhirnya pindah ke Mojokerto untuk ikut dengan orang tuanya yang ditugaskan di sana.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda