BJ Habibie Wafat, Polri: Beliau Bapak Demokrasi dan Kemajuan Teknologi Indonesia

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 12 September 2019 - 02:30 WIB
BJ Habibie Wafat, Polri: Beliau Bapak Demokrasi dan Kemajuan Teknologi Indonesia

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Muhammad Iqbal. (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf)

JAKARTA, iNews.id - Polri menyampaikan belasungkawa dan rasa duka cita yang mendalam atas wafatnya Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie. Korps Bhayangkara ini mengenang Habibie sebagai bapak kemajuan di bidang sains dan teknologi.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Muhammad Iqbal mengenang Habibie mengesahkan UU Nomor 2/1999 yang memberikan kebebasan pada rakyat untuk menyalurkan aspirasi melalui partai politik (parpol).

"Beliau sebagai bapak demokrasi dan bapak kemajuan teknologi Indonesia merupakan putra terbaik bangsa Indonesia," katanya kepada iNews.id, Rabu (11/9/2019).

Selain sebagai teknokrat, Iqbal mengungkapkan, Habibie juga merupakan tokoh yang diakui dunia sebagai seorang negarawan yang meneken UU Pers sebagai tonggak kebebasan pers Indonesia. Setelah 32 tahun berada di era Orde Baru, pers tak lagi hidup dalam kendali penguasa.

Mantan menteri riset dan teknologi (menristek) era Soeharto itu, menurut dia, menghapus breidel melalui UU Nomor 40/1999. Pers pun menemukan kemerdekaannya.

"Seluruh bangsa merasa kehilangan dan mendoakan semoga arwah beliau mendapat tempat yang terbaik di sisi Nya," ucapnya.

Sebelumnya, putra ke-2 Presiden ke-3 RI, Bacharudin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengonfirmasi meninggalnya sang ayah. "Dengan sangat berat, mengucapkan, ayah saya Bacharudin Jusuf Habibie, presiden ke-3 RI, meninggal dunia jam 18.03 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Thareq mengatakan, sang ayah meninggal dunia karena faktor usia sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi, salah satunya jantung. Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 2 September 2019. Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis, 12 September 2019 pukul 14.00 WIB. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin upacara pemakaman.


Editor : Djibril Muhammad