BMKG: Bibit Siklon Tropis di Utara Papua Berkembang Jadi Siklon Tropis Surigae

Binti Mufarida ยท Kamis, 15 April 2021 - 09:53:00 WIB
BMKG: Bibit Siklon Tropis di Utara Papua Berkembang Jadi Siklon Tropis Surigae
Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati. (Foto: Felldy Utama).

Sementara, siklon tropis Surigae, kata dia terbentuk jauh di wilayah Indonesia. “Jadi dampak yang disebutkan adalah dampak tidak langsung, sehingga intensitasnya tidak akan sekuat dengan siklon tropis Seroja,” ucapnya.

Dia menyampaikan, BMKG akan terus pemperbarui terkait perkembangan siklon tropis Surigae ini. “Akan kami sampaikan sampai tiga hari kedepan kalau ada perkembangan akan kami update lagi,” katanya.

Secara karakteristik, kata dia siklon tropis Seroja dan Surigae cukup sama. “Munculnya bibit siklon apapun yang membentuk baik siklon tropis Seroja dan Surigae ini terutama karena meningkatkan suhu muka air laut,” ucapnya.

Apalagi, kata Dwikorita, di wilayah Indonesia saat ini sudah semakin hangat, saat ini sudah mencapai 30 derajat celcius suhu muka air lautnya. “Dan inilah yang menyebabkan low pressure area atau area yang tekanan rendah, jauh lebih rendah dari tekanan area di sekitarnya. Sehingga terjadilah aliran udara serkuler di sekitar tekanan rendah tersebut. Itu terutama penyebabnya,” katanya. 

Editor : Ibnu Hariyanto

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda