BMKG: Bibit Siklon Tropis di Utara Papua Berkembang Jadi Siklon Tropis Surigae

Binti Mufarida ยท Kamis, 15 April 2021 - 09:53:00 WIB
BMKG: Bibit Siklon Tropis di Utara Papua Berkembang Jadi Siklon Tropis Surigae
Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati. (Foto: Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan saat ini bibit siklon tropis di Utara Papua telah berkembang menjadi siklon Tropis Surigae. Siklon tersebut bergerak ke arah barat laut mendekati wilayah Filipina.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, luas potensi wilayah yang terdampak secara tidak langsung mencapai wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

“Siklon tropis Surigae ini bahasa jepang karena saat ini sudah masuk wilayah pengamatan Japan Meteorological Agency,” ujar Dwikorita dikutip dari akun media sosial resmi BMKG, Kamis (15/4/2021).

Dia menuturkan dampak siklon, yakni intensitas hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang, termasuk gelombang tinggi.

Menurutnya, ada perbedaan antara siklon tropis Surigae dengan siklon tropis Seroja yang melanda Nusa Tenggara Timur (NTT)beberapa waktu lalu.

“Nah, siklon tropis Surigae berbeda dampaknya dengan Seroja karena Seroja itu terbentuk masuk ke wilayah daratan atau pulau di wilayah Indonesia. Posisinya benar-benar di pulau itu di Indonesia,” katanya.

Editor : Ibnu Hariyanto

Halaman : 1 2