BMKG Deteksi 2 Bibit Siklon Tropis 94W dan 95S, Waspadai Dampak Cuacanya

Binti Mufarida ยท Kamis, 01 Desember 2022 - 01:32:00 WIB
BMKG Deteksi 2 Bibit Siklon Tropis 94W dan 95S, Waspadai Dampak Cuacanya
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi dua Bibit Siklon Tropis yakni 94W dan 95S. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi dua Bibit Siklon Tropis yakni 94W dan 95S. Kedua Bibit Siklon Tropis tersebut bisa berdampak pada cuaca di wilayah Indonesia.

“Bibit Siklon Tropis 94W terpantau di sekitar wilayah Maluku Utara yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di laut Sulawesi. Bibit Siklon Tropis 95S terpantau di teluk Carpentaria yang membentuk low level jet udah pencet yang memanjang dari Laut Arafuru hingga Australia utara bagian timur,” sebut BMKG dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (1/12/2022).

BMKG mengungkapkan kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah Bibit Siklon Tropis dan di sepanjang daerah konvergensi atau low level jet tersebut.

Sementara itu, BMKG juga mendeteksi adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di sekitar wilayah Kalimantan Barat bagian utara Malaysia bagian timur daerah konvergensi terpantau memanjang di wilayah Laut Natuna Utara, dari Laut Natuna hingga Kalimantan Barat bagian barat.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda