BMKG: Siklon Tropis Surigae Tidak Berdampak Pada Cuaca di Jabodetabek

Tim MNC Portal ยท Sabtu, 17 April 2021 - 20:06:00 WIB
BMKG: Siklon Tropis Surigae Tidak Berdampak Pada Cuaca di Jabodetabek
Ilustrasi, Pemantauan BMKG menunjukkan siklon tropis Surigae saat ini berada di Samudra Pasifik utara Papua Barat tidak berpengaruh terhadap cuaca di wilayah Jabodetabek. (Foto: Dok. BMKG).

JAKARTA, iNews.id - Pemantauan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan siklon tropis Surigae saat ini berada di Samudra Pasifik utara Papua Barat tidak berpengaruh terhadap cuaca di wilayah Jabodetabek. Jarak siklon tersebut dinilai cukup jauh. 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, sirkulasi siklonik di Samudra Hindia Barat Bengkulu itu membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan barat Lampung hingga Samudra Hindia barat Lampung. Kondisi itu menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang sistem sirkulasi siklonik dan disepanjang daerah konfluensi. 

"Siklon tropis Surigae tidak berdampak ke Jabodetabek, namun cuaca Jabodetabek saat ini dipengaruhi oleh sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Bengkulu dan perlambatan angin di atas Banten - Jawa Barat," ujar Guswanto di Jakarta, Sabtu (17/4/2021). 

Dia menuturkan, BMKG juga memantau adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lain yang memanjang dari perairan barat Aceh hingga Sumatera Utara bagian selatan dari Teluk Bone hingga Sulawesi Barat bagian utara. 

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi awan hujan di sepanjang wilayah konvergensi tersebut," tuturnya.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2