BMKG: Waspada Dampak Siklon Tropis Teratai Malam Ini, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Binti Mufarida ยท Rabu, 01 Desember 2021 - 19:15:00 WIB
BMKG: Waspada Dampak Siklon Tropis Teratai Malam Ini, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang
BMKG memperkirakan siklon tropis teratai berdampak di bagian selatan Sumatera, Sumsel, Bengkulu, Lampung, Selat Sunda, Banten, Jabar, Jateng dan sebagian kecil Jatim. (Foto: BMKG).

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi lahirnya siklon tropis 92S, Rabu (1/12/2021) malam. Siklon ini dinamai Siklon Tropis Teratai.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan, berdasarkan analisis bibit siklon tropis dalam 24 jam terakhir sejak pertumbuhan pertama pada 30 November 2021, sistem bibit siklon 92S mengalami peningkatan intensitas.

"Bibit siklon ini berpeluang tinggi terbentuk menjadi siklon tropis dengan nama yang sudah disiapkan oleh TCWC Jakarta, yaitu siklon tropis teratai dengan arah pergerakan tenggara-selatan menjauhi wilayah Indonesia," ujar Dwikorita dalam konferensi pers secara daring, Rabu (1/12/2021).

Dia menjelaskan, berdasarkan analisis pada 1 Desember, bibit siklon 92S sudah berada di sekitar Samudera Hindia Barat daya Lampung tepatnya di 9.0 LS 103.0 BT.

Kecepatan angin, kata dia maksimum di sekitar sistem bibit siklon mencapai 30 knot atau 56 km/jam dengan tekanan udara minimum di sekitar pusatnya mencapai 1006 hPa.

Selain itu BMKG memprediksi kecepatan angin tersebut akan meningkat menjadi 35 knot (65 km/jam) dalam beberapa jam ke depan.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: