Brigadir Abdul Malik Penembak Mahasiswa di Kendari Dihukum 4 Tahun Penjara

Irfan Ma'ruf · Selasa, 01 Desember 2020 - 17:33:00 WIB
Brigadir Abdul Malik Penembak Mahasiswa di Kendari Dihukum 4 Tahun Penjara
Majelis Hakim PN Jakarta Selatan menjatuhkan vonis empat tahun penjara kepada Brigadir Abdul Malik, Selasa (1/12/2020). (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf).

JAKARTA, iNews.id – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman penjara empat tahun kepada Brigadir Abdul Malik (AM), terdakwa perkara penembakan mahasiswa di Kendari. Putusan tersebut sesuai tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Mengadili, menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan bersalah karena kealpaannya membuat orang meninggal dan kealpaannya menyebabkan orang luka. Menjatuhkan pidana empat tahun penjara," kata Ketua Majelis Hakim Agus Widodo, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2020).

Agus mengatakan, Abdul Malik terbukti secara sah dan meyakinkan menembak mahasiswa dan ibu hamil saat unjuk rasa penolakan RUU KUHP dan UU KPK pada 2019. Aksi unjuk rasa saat itu berakhir ricuh karena mahasiswa bentrok dengan polisi.

Dalam putusan tersebut terdapat hal-hal yang memberatkan dan meringankan Brigadir AM. Hal yang memberatkan karena terdakwa alpa dalam melaksanakan tugasnya. Sementara hal yang meringankan karena terdakwa tidak pernah melakukan pelanggaran hukum dan terdakwa memiliki tanggungan satu istri dan dua anak.

Editor : Zen Teguh