Cegah Cacar Monyet, Bandara Soetta Amati Langsung Penumpang dan Siapkan Isolasi

Isty Maulidya ยท Sabtu, 27 Agustus 2022 - 10:54:00 WIB
Cegah Cacar Monyet, Bandara Soetta Amati Langsung Penumpang dan Siapkan Isolasi
Bandara Soekarno Hatta (foto: MPI)

TANGERANG, iNews.id - Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten melakukan berbagai upaya mencegah masuknya cacar monyet atau monkeypox. Pencegahan dilakukan dengan pengamatan langsung kepada penumpang dari luar negeri untuk melihat apakah ada gejala cacar monyet.

"Gejala utama monkeypox adalah adanya ruam merah kulit di sekitar wajah dan anggota badan lainnya serta adanya bengkak kelenjar getah bening di area sekitar leher," kata Kepala KKP Kelas I Bandara Soetta, Darmawali Handoko, Sabtu (27/8/2022).

Menurutnya tanda dan gejala visual tersebut sebagian besar terlihat saat pelaku perjalanan melakukan proses check-in dan pemeriksaan keamanan. Apabila petugas melihat ada yang bergejala tersebut, maka penumpang dapat dibawa untuk proses lebih lanjut.

"Apabila petugas bandara menemukan tanda dan gejala monkeypox, dapat langsung melaporkan kepada petugas KKP dan petugas KKP akan melakukan pemeriksaan mendalam. Jika mengarah kepada gejala, monkeypox maka penumpang maka akan dilakukan prosedur tata laksana dan dirujuk ke rumah sakit jika diperlukan," katanya.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda