Cegah Corona, Jokowi Minta Kepulangan WNI dan Buruh Migran dari Malaysia Diawasi Ketat

Felldy Utama, Antara ยท Selasa, 31 Maret 2020 - 11:51 WIB
Cegah Corona, Jokowi Minta Kepulangan WNI dan Buruh Migran dari Malaysia Diawasi Ketat

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan mengawasi ketat terhadap warga negara Indonesia (WNI) atau buruh migran dari Malaysia dan anak buah kapal (ABK) yang pulang ke Tanah Air. Pengawasan ini dinilai perlu untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas melalui video conference mengenai penanganan arus masuk WNI dan pembatasan pelintasan WNA di Istana Kepresidenan, Bogor, Selasa (31/3/2020).

Pada kesempatan itu Jokowi mengungkapkan, menerima laporan, setiap hari lebih dari 3.000 pekerja migran kembali dari Malaysia.

“Arus kembalinya WNI dari beberapa negara, terutama yang dari Malaysia, ini betul-betul harus kita cermati karena menyangkut bisa ratusan ribu, bisa jutaan WNI yang akan pulang,” ujar Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan, pengawasan terhadap kepulangan para kru kapal penting dilakukan. Apalagi, jumlahnya cukup banyak.

Menurutnya, memperkuat kebijakan yang mengatur pelintasan WNA dan kembalinya WNI dari luar negeri dinilai penting. Sebab saat ini terjadi tantangan baru dari sejumlah negara, di antaranya China, Korea Selatan, dan Singapura dalam perang melawan virus corona, yakni imported case dari luar negeri.

“Pekerja ABK yang ada di kapal, perkiraan ada 10.000 sampai 11.000 ABK juga perlu disiapkan tahapan untuk men-screening mereka,” ucapnya.

 

Editor : Kurnia Illahi