Cerita Mahfud MD Sempat Koordinir Menteri untuk Layat Ibunda Jokowi ke Solo

Rizki Maulana ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 22:41 WIB
Cerita Mahfud MD Sempat Koordinir Menteri untuk Layat Ibunda Jokowi ke Solo

Mahfud MD (dok Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sempat mengkoordinir teman-teman di kabinet untuk melayat ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomihardjo, ke Solo. Namun, niat tersebut diurungkan karena menerima arahan dari Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno agar jajaran menteri tetap bekerja di Jakarta.

"Ketika mendengar kabar bahwa Ibunda Pak Jokowi wafat saya mencoba mengkoordinir teman-teman anggota kabinet untuk bertakziyah ke Solo. Saya coba untuk meminjam pesawat TNI AU atau POLRI. Tapi tiba2 ada arahan dari Presiden melalui Pak Pratikno dan Pak Pramono Anung agar para menteri tak pergi ke Solo melainkan fokus pada tugas saja di Jakarta," kata Mahfud dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/3/2020).

Mahfud mengatakan dirinya tidak jadi ke Solo usai menerima imbauan tersebut. Dia dan istirnya memutuskan untuk melakukan salat gaib dari rumah dana meminta masyarakat melakukan hal serupa.

"Saya dan isteri melakukan salat ghaib dari rumah untuk jenazah almarhumah," katanya.

Dia menyebut Jokowi tidak enak hati untuk melarang para menteri melayat. Namun, hal itu terpaksa dilakukan karena terkait pencegahan virus Corona.

"Beliau meminta masyarakat tidak bertakziyah ke rumah duka. Beliau minta agar almarhumah didoakan dari rumah masing-masing saja," katanya.

Sebelumnya, Juru Bicara Presiden Jokowi Fadjroel Rachman mengatakan pemakaman akan dilakukan secara internal di Dusun Mundu, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020) pukul 13.00 WIB. Jajaran menteri tetap diminta berada di Jakarta untuk bekerja.

"Atas arahan Bapak Presiden Joko Widodo, bahwa pemakaman almarhumah Ibunda akan dilaksanakan secara internal dan para anggota Kabinet Indonesia Maju berserta jajaran tetap bekerja di Jakarta dan fokus pada tugas masing-masing," kata Fadjroel melalui keterangan tertulisnya, Rabu (25/3/2020).

Hanya dua menteri yang mendampingi Jokowi ke Solo. Dua menteri tersebut yakni Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung.

"Kepada seluruh masyarakat Indonesia yang tulus ikhlas mendoakan husnul khotimah almarhumah Ibu Sujiatmi Notomiharjo," ucapnya.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq