Contoh Argumen Debat yang Baik dan Etika agar Jago Berbagai Tema
Hal ini tentu akan menjaga kualitas standar pendidikan di Indonesia. Bayangkan jika tidak ada UN sebagai standar kelulusan? Tentu institusi tidak akan memiliki motivasi untuk meningkatkan standar pendidikan.
Selain itu, manfaat lain adanya UN adalah sebagai berikut Penetapan mutu satuan atau program pendidikan di seluruh Indonesia. Kedua, sebagai seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau berikutnya
Ketiga, pertimbangan penentuan kelulusan peserta didik dari satuan atau program pendidikan, keempat pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan atau program pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan untuk mencapai tingkat kelulusan tertentu dan kelima sebagai perbaikan sarana dan prasarana untuk guru, laboratorium. Perpustakaan, tenaga kependidikan, serta keperluan sekolah lainnya.
Masih adilkah menggunakan UN sebagai standar kelulusan yang faktanya terdapat kesenjangan sumber daya antara institusi pendidikan di kota dan di daerah?
Saya sadar bahwa pelaksanaan UN memang banyak kekurangan, tetapi menghapuskan UN pun bukan solusi yang tepat. Adapun solusi yang tepat adalah dengan meningkatkan kualitas UN itu sendiri, baik dari segi jenis soal, teknik pelaksanaan, pengawasan, dan lain-lain.
Tujuan akhirnya adalah UN yang diterapkan di Indonesia mampu menilai semua aspek pembelajaran siswa, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotornya Itu tugas kita bersama.
Salah satu contoh kelemahan UN yang paling dominan adalah Proses KBM, di sekolah tereduksi menjadi sekadar teaching to tie test atau mengajar apa yang diteskan dalam UN semata (Kesuma, 2001, hal 8).
Jadi, solusi yang paling baik adalah meniadakan UN dan menggantinya dengan standar kelulusan yang baru. Standar kelulusan tersebut tidak mungkin diterapkan secara nasional karena sumber daya yang tidak merata.
Akan lebih baik jika standar kelulusan tersebut menjadi bersifat regional. Kemudian standar kelulusan yang baru tersebut tidak bersifat "ujian sehingga tidak akan ada lagi proses pembelajaran yang bersifat teaching to the test. Proses pembelajaran akan bersifat lebih terbuka sehingga memotivasi kreativitas siswa.
Contoh argumen debat di atas dapat menjadi teks latihan dalam mengasah keterampilan kalian.