Deg-degan Hadapi UTBK SBMPTN 2022? Ini Cara Tenangkan Diri ala Psikolog UNS

puti aini yasmin ยท Selasa, 17 Mei 2022 - 17:26:00 WIB
Deg-degan Hadapi UTBK SBMPTN 2022? Ini Cara Tenangkan Diri ala Psikolog UNS
Ilustrasi ujian UTBK SBMPTN

JAKARTA, iNews.id - Perasaan khawatir atau deg-degan jelang UTBK SBMPTN 2022 kerap dirasakan para peserta. Untuk mengatasinya, Psikolog dari Universitas Sebelas Maret (UNS) memberikan solusinya.

Menurut Psikolog UNS bernama Laelatus Syifa Sari, cara menenangkan diri yang dimaksud adalah teknik mindfulness. Teknik ini adalah cara menenangkan diri dengan menyadari sepenuhnya emosi yang dirasakan.

Para peserta UTBK SBMPTN yang deg-degan cukup menarik napas dalam-lama. Lalu, biarkan diri merasakan apa yang sebenarnya dirasakan, apakah deg-degan atau grogi.

"Mindfulness itu dengan menyadari diri kita. Kita cukup menyadari apa yang kita rasakan, nggak perlu kita harus begini begitu, tapi cukup kaya oke saya deg-degan, napas saya terengah-engah, lalu kita duduk dengan nyaman, kemudian atur napas," tutur dia dikutip dari laman resmi UNS, Selasa (17/5/2022).

Setelah sudah menyadari apa yang dirasakan, hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengatur napas. Kendalikan napas agar tidak terburu-buru dengan menarik napas dalam-dalam dari hidung selama tiga detik. Lalu embuskan selama tiga detik juga.

“Harus sadar, tidak bisa melamun. Jadi semuanya modelnya itu saya menerima apa pun emosi yang muncul dari tubuh saya. Menerima itu akan membuat perubahan,” kata dia melanjutkan.

Selain itu, Laelatus juga mengingatkan agar peserta datang lebih awal saat UTBK SBMPTN. Dengan begitu, perasaan para peserta akan jauh lebih tenang.

“Cari tempatnya dulu H-1 atau H-2. Kalau bisa sampai lihat tempat duduk kita di mana. Datang paling lambat 30 menit sebelum ujian itu bisa membuat kita tenang,” ujar dia.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel: