Deretan Sekolah Internasional Terbaik di Indonesia, Biayanya per Tahun Fantastis

Almas Taqiyya ยท Senin, 11 Juli 2022 - 19:35:00 WIB
Deretan Sekolah Internasional Terbaik di Indonesia, Biayanya per Tahun Fantastis
Ilustrasi sekolah internasional (foto: highscope.id)

JAKARTA, iNews.id - Sekolah merupakan salah satu instansi yang paling berpengaruh dalam tumbuh kembang anak. Para orang tua akan mengusahakan putra-putri tercintanya mendapatkan pendidikan terbaik.

Salah satu sekolah yang bisa dijadikan pilihan adalah sekolah bertaraf internasional. Selain kurikulum dari luar negeri, sekolah internasional menawarkan fasilitas mumpuni dan tenaga pendidikan berkualitas. Berikut sekolah-sekolah internasional terbaik di Indonesia.

High Scope Indonesia

High Scope Indonesia merupakan salah satu sekolah bertaraf internasional terbaik di Indonesia. Sekolah ini memfasilitasi seluruh jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan anak dini (early childhood educational program), sekolah dasar (elementary program), sekolah menengah pertama (middle school program) dan sekolah menengah akhir (high school program).

High Scope Indonesia menggunakan sejumlah kurikurum internasional seperti International Baccalaureate, Edexcel dan Cambridge International Examinations. Kurikulum ini juga dipadukan dengan kurikulum nasional.

Rentang biaya sekolah High Scope Indonesia beragam. Biaya bisa berbeda tergantung setiap cabang High Scope Indonesia. Misalnya untuk High Scope Indonesia cabang Kelapa Gading, biaya masuk yang dipatok untuk jenjang masuk TK adalah Rp15 juta hingga Rp18 juta, dengan biaya sekolah per bulannya mencapai Rp6,8 juta. Untuk tingkat SD, High Scope mematok biaya masuk sebesar Rp36 juta hingga Rp55 juta, dengan biaya per bulannya mencapai Rp4,3 juta.

Kemudian untuk jenjang SMP, orang tua harus merogoh kocek sebesar Rp28 juta hingga Rp45 juta untuk biaya masuk, dan Rp4,5 juta sebagai biaya per bulannya. Biaya tersebut belum termasuk biaya registrasi sebesar Rp300.000 hingga Rp500.000.

Kendati biaya yang terbilang mahal, High Scope Indonesia menawarkan sejumlah fasilitas mumpuni untuk kegiatan belajar. Sekolah ini memiliki laboratorium sains yang lengkap serta lapangan olahraga. Terdapat pula sejumlah fasilitas lainnya yang disediakan berdasarkan kebutuhan murid-muridnya.

British School Jakarta

British School Jakarta merupakan sekolah internasional yang berada di bawah naungan Kedutaan Besar Inggris. Dibangun sejak tahun 1974, ini merupakan salah satu sekolah internasional tertua di Indonesia.

Sekolah berstatus swasta ini menggunakan kurikulum dari Inggris, seperti International Baccalaureate Programme dengan GCSE. Sama seperti sekolah internasional kebanyakan, British School Jakarta memiliki jenjang pendidikan dari preschool usia 3 tahun hingga SMA di usia 18 tahun. Sistem pengajarannya menyesuaikan dengan kurikulum dan sistem dari Inggris.

Untuk bisa bersekolah di British School Jakarta, total biaya per tahun yang dibutuhkan untuk bersekolah di sini adalah sekitar Rp300-350 juta. Apabila lebih dirinci, biaya tersebut termasuk ke dalam biaya pendaftaran sebesar Rp4 juta. Kemudian terdapat biaya jaminan sebesar Rp30 juta ketika diterima, ada juga biaya pendaftaran program International Baccalaureate (IB) sebesar Rp30 juta untuk siswa baru di kelas 12 dan 13. Selain itu, terdapat juga uang pembangunan untuk kelas 11-13 sebesar Rp55 juta per tahunnya dan uang sekolah yang dapat dibayar per semester ataupun per tahun.

British School Jakarta tentu dilengkapi fasilitas-fasilitas untuk mendukung muridnya dalam proses pembelajaran. Sekolah ini dibangun di atas lahan seluas 18 hektar. Selain itu, terdapat beberapa fasilitas pendukung seperti ruang olahraga, aula musik, kolam renang, ruang teater dan gedung khusus untuk belajar bahasa.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda