Di Hadapan Ketua Parlemen Sedunia, Puan Maharani : Kita Perlu Pemerataan Vaksin Covid

Felldy Utama · Senin, 06 September 2021 - 15:05:00 WIB
Di Hadapan Ketua Parlemen Sedunia, Puan Maharani : Kita Perlu Pemerataan Vaksin Covid
Ketua DPR Puan Maharani berbicara soal pemerataan vaksin Covid-19 di hadapan para ketua parlemen sedunia.  (Foto dok DPR).

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR Puan Maharani menghadiri Fifth World Conference of Speakers of Parliament (WCSP) di Wina, Austria, Senin (6/9/2021). Puan berbicara soal pemerataan vaksin Covid-19 di hadapan para ketua parlemen sedunia. 

Puan mengingatkan negara yang memiliki stok vaksin berlebih untuk berbagi kepada negara yang kekurangan.

“Diperlukan akses yang adil dan merata terhadap vaksin bagi semua orang. Kita perlu terus mendorong untuk berbagi vaksin dari negara yang memiliki kelebihan pasokan vaksin kepada negara yang membutuhkan,” kata Puan dalam keterangannya, Senin (6/9/2021).

Dia juga mengingatkan, setiap negara harus memastikan agar setiap orang di dunia mendapatkan akses vaksin. Selain itu juga, kata Puan, agar setiap orang di dunia mendapat akses pemeriksaan (testing) dan perawatan (treatment).

“Kita semua perlu terus meningkatkan sumber daya Covid-19 Vaccines Global Access atau COVAX facility untuk melakukan koordinasi dan distribusi vaksin,” tuturnya.

Fifth WCSP yang digelar hingga 8 September 2021 mendatang merupakan forum yang digelar oleh Inter-Parliamentary Union (IPU), organisasi internasional beranggotakan parlemen-parlemen dari negara-negara berdaulat, yang bekerja sama dengan Austria National Council.

Pertemuan ketua-ketua parlemen sedunia itu mengangkat isu besar terkait multilateralisme untuk perdamaian dan pembangunan berkelanjutan. Isu tersebut diangkat mengingat pandemi Covid-19 telah membawa dampak besar bagi upaya dunia untuk mencapai berbagai tujuan pembangunan dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

“Untuk mengatasi pandemi dunia membutuhkan multilateralisme yang efektif, yang sekaligus dapat mengatasi berbagai permasalahan dunia, seperti perubahan iklim, dan perdamaian dunia,” jelas Puan.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: