Di Mamuju, Panglima TNI Tinjau Korban Gempa di RSUD Sulbar dan Serahkan Bantuan Presiden Jokowi

Raka Dwi Novianto ยท Sabtu, 16 Januari 2021 - 18:39:00 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyerahkan bantuan dari Presiden Jokowi untuk korban gempa bumi di Sulbar, Sabtu (16/1/2021). (Foto: Puspen TNI)

MAMUJU, iNews.id - Setelah meninjau dan menyampaikan bantuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada korban banjir di Kalimantan Selatan, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bertolak ke Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Sabtu (16/1/2021). Kehadiran Panglima TNI untuk meninjau, melihat dan mendengar langsung serta menyerahkan bantuan dari Jokowi.

Bantuan tersebut meliputi 10.000 paket sembako yang diserahkan  kepada masyarakat yang terkena musibah bencana gempa bumi berkekuatan mangnitudo 6,2. Gempa telah merenggut korban sedikitnya 46 orang.

Kegiatan Muskab Perpani Kabupaten Blora. (Foto: Heri Purnomo/iNews)

Sebelumnya Panglima TNI telah memerintahkan jajaran TNI untuk menerjunkan Prajurit dan bantuan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) untuk membantu korban gempa dilokasi tersebut.

Kegiatan diawali Panglima TNI dengan mengunjungi Posko pengungsian di Kantor Gubernur Sulawesi Barat dan menerima penjelasan dari Komandan Korem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan. Danrem memaparkan situasi dan kondisi terkini di wilayah Sulbar pascacempa dan secara simbolis menyerahkan bantuan paket sembalo dari Presiden Jokowi yang nantinya akan diberikan 10.000 paket.

"Saat ini TNI terus mempersiapkan langkah-langkah berikutnya, langkah evakuasi korban sudah dilaksanakan. Kemudian langkah berikutnya adalah memberikan pelayanan kesehatan kepada para korban untuk itu dalam beberapa hari nanti akan kita hadirkan KRI Soeharso kebetulan saya lihat Lanal kondisinya bagus tidak ada kerusakan. Bagi korban patah tulang, termasuk korban-korban akibat yang lain bisa dirawat atau dioperasi apabila perlu di KRI Soeharso," kata Panglima TNI.

Panglima menekankan kepada jajaran, untuk para korban juga harus dipersiapkan bantuan sembako yang saat ini sudah mulai berdatangan, baik dari Jakarta melalui jalur udara dan dari wilayah-wilayah sekitar Mamuju. Sistem distribusi bantuan juga mesti diamankan dari pemberangkatan hingga menuju lokasi bencana.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2