Dimutasi usai Kasus Pembakaran Polsek Ciracas, Polisi Ini Sekarang Jadi Jenderal

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:05:00 WIB
Dimutasi usai Kasus Pembakaran Polsek Ciracas, Polisi Ini Sekarang Jadi Jenderal
Brigjen Pol Yoyon Tony Surya Putra saat masih berpangkat kombes dan menjabat Kapolres Jakarta Timur pada 2018 lalu. Yoyon kini bertugas di Kemenpan RB. (Foto: dok. Okezone).

JAKARTA, iNews.id – Pernah dimutasi seusai insiden pembakaran Polsek Ciracas, Jakarta Timur, oleh sekelompok orang tak dikenal beberapa waktu lalu, polisi ini sekarang resmi menjadi perwira tinggi. Dia menerima kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi jenderal bintang satu.

Polisi tersebut tak lain Brigjen Pol Yoyon Tony Surya Putra. Mantan Kapolres Jakarta Timur ini termasuk dalam 25 perwira tinggi yang mengikuti upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat dipimpin Kapolri Jenderal Pol Idham Azis di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (20/10/2020).

Kenaikan pangkat tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor STR/701/X/Kep/2020 tanggal 19 Oktober 2020. Dari 25 perwira, 20 di antaranya pecah bintang alias dari kombes menjadi brigjen pol. Sembilan di antaranya naik pangkat karena mendapat kepercayaan dari kementerian/lembaga di luar institusi Polri untuk mengisi ruang jabatan.

“Sembilan personel Polri ini berhasil naik pangkat setelah melewati proses seleksi yang disyaratkan,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, Selasa.

Termasuk di antara sembilan jenderal baru tersebut yakni Yoyon Tony Surya Saputra. Alumnus Akademi Kepolisian 1995 ini merupakan Penyidik Tindak Pidana Madya Tingkat II Bareskrim Polri dengan penugasan pada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Insiden Ciracas

Dalam rekam jejaknya, Tony merupakan perwira polisi yang kenyang pengalaman di bidang reserse. Lulus dari kawah candradimuka Akpol di Semarang, dia mengemban sejumlah jabatan.

Tony antara lain pernah menjadi Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat (2010), Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya (2011) dan Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Metro Jaya (2012).

Editor : Zen Teguh