Diperiksa KPK, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah: Minta Doanya agar Selamat

Rizki Maulana ยท Sabtu, 18 Januari 2020 - 04:00 WIB
Diperiksa KPK, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah: Minta Doanya agar Selamat

Bupati Sidoarjo (nonaktif) Saiful Ilah usai menjalani penyidikan sebagai tersangka kasus dugaan suap di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (17/1/2020) malam. (Foto: iNews.id/Rizki Maulana).

JAKARTA, iNews.id - Bupati Sidoarjo Saiful Ilah kembali menjalani pemeriksaan sebagai tersangka suap pengadaan proyek infrastruktur di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Saiful menyebut kasunya masih proses pembuatan berita acara pemeriksaan (BAP).

Keluar dari Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (17/1/2020) malam, Saiful Ilah tampak santai. Pria yang akrab disapa Abah Ipul itu mengaku tidak tahu detail kasus yang menjeratnya.

"Garis besarnya gak tahu saya. Wong masih di BAP sama KPK, jadi belum tau hasilnya," ujar Saiful.

BACA JUGA: Sosok Saiful Ilah, Bupati Sidoarjo yang Terjerat OTT KPK

Dicecar seputar penyidikan, dia tetap bersikeras merasa tidak bersalah. Menurutnya, semua hak dan kewenangan terkait pengadaan proyek infrastruktur di Dinas PUPR Kabupaten Sidoarjo sudah diserahkan kepada para satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Saiful mengaku tidak pernah memegang proyek tersebut. Karena itu, SKPD yang paling mengerti dan berwenang atas proyek-proyek itu.

Sambil berjalan memasuki mobil tahanan, Saiful meminta doa agar kasusnya dapat segera diselesaikan dengan cara yang baik.

"Tenang aja, intinya minta doanya agar selamat," kata politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

KPK menetapkan Saiful Ilah sebagai tersangka suap terkait pengadaan proyek infrastruktur di Dinas PUPR Kabupaten Sidoarjo. Selain Saiful, ada lima orang lainnya yang juga memperoleh status hukum yang sama dari KPK.

Mereka yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo Sunarti Setyaningsih (SST); Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo Judi Tetrahastoto (JTE), dan Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan, Sanadjihitu Sangadji (SSA).

Sementara, sebagai pemberi suap yakni dua orang dari unsur swasta yaitu Ibnu Ghopur (IGR) dan Totok Sumedi (TSM).


Editor : Zen Teguh