Doni Monardo Kunjungi Nusakambangan Cek Kondisi Tanaman Pelindung Tsunami

Binti Mufarida · Sabtu, 05 Desember 2020 - 09:47:00 WIB
Doni Monardo Kunjungi Nusakambangan Cek Kondisi Tanaman Pelindung Tsunami
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengunjungi kawasan konservasi alam yang berada di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (4/12/2020). (Foto: Binti Mufarida/ Dok. BNPB).

JAKARTA, iNews.id - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengunjungi kawasan konservasi alam yang berada di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (4/12/2020). Doni ingin memastikan beberapa jenis tanaman yang dapat menjadi pondasi alami terhadap potensi tsunami terjaga dan berfungsi dengan baik.

Dia mengatakan, keberadaan Pulau Nusakambangan hingga saat ini sangat strategis sebagai barrier bagi keselamatan warga di Cilacap.

“Bagian selatan Nusakambangan ini harus betul-betul dalam posisi perawatan yang optimal karena Nusakambangan ini barrier bagi keselamatan warga di Cilacap dengan jumlah penduduk dua juta orang,” ujar Doni.

Dia menuturkan, hasil penelitian dan kajian, Pulau Nusakambangan menjadi benteng bagi wilayah Cilacap ketika terjadi peristiwa tsunami yang dipicu oleh gempa bumi di Pangandaran 2006.

Selain itu hasil catatan ilmiah dari berbagai pakar, gelombang tsunami yang menghantam wilayah Nusakambangan pada waktu itu mencapai ketinggian 15-22 meter.

“Kalau tidak ada Pulau Nusakambangan, 2006 lalu mungkin sebagian besar kawasan di Cilacap yang penduduknya termasuk paling padat akan terdampak,” katanya.

Editor : Kurnia Illahi