Doni Monardo: Pariwisata di Bali Masih Ditutup karena Berpotensi Terjadi Penularan Covid-19

Felldy Utama ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 13:34:00 WIB
Doni Monardo: Pariwisata di Bali Masih Ditutup karena Berpotensi Terjadi Penularan Covid-19
Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo. (Foto: BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 merekomendasikan sektor pariwisata di Bali untuk sementara tidak dibuka terlebih dahulu. Rekomendasi itu ternyata mendapat respons positif Gubernur Bali I Wayan Koster.

Ketua Gugus Tugas Covid-19, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo mengatakan, hasil rapat antara pihaknya dengan Gubernur Bali menyepakati untuk tidak membuka sektor pariwisata di Bali lantaran berpotensi terjadi penularan pandemi virus corona (Covid-19).

"Hasil pembicaraan dengan sejumlah pejabat termasuk dengan Gubernur Bali, untuk daerah-daerah yang di Bali, ini jangan dibuka dulu. Kami mengikuti dan (sudah) disampaikan ke Menteri Pariwisata (Wishnutama)," katanya dalam RDPU bersama Komisi X secara virtual, Rabu (17/6/2020).

Dalam rapat tersebut, Doni juga meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menyiapkan konsep khusus untuk mengantisipasi masuknya Covid-19 sebelum sektor pariwisata benar-benar dibuka. Apalagi, sejumlah tempat wisata di Bali banyak diramaikan turis mancanegara.

"Kami ingin supaya Bali dapatkan konsep berbeda dengan daerah lain terutama dalam menjaring dan menentukan siapa orang-orang yang bisa ikuti wisata di Bali, terutama orang dengan kondisi kesehatan sehat," ujarnya.

Tak hanya itu, Doni juga mengusulkan agar Pemprov Bali menyiapkan mesin tes PCR di Bandara dan pelabuhan untuk melakukan tes bagi seluruh wisatawan yang masuk. Terlebih, bagi wisatawan yang tak dapat menunjukkan bukti sehat dengan tes PCR.

"Setiap orang yang datang ketika masuk ke Bali tidak menunjukkan status sehat dengan PCR tes, maka di Bali sudah ada alat dan petugas yang lakukan pemeriksaan," katanya.


Editor : Djibril Muhammad