DPR Minta Seluruh Perlintasan Sebidang Kereta Ditutup Buntut Kecelakaan Odong-odong

Carlos Roy Fajarta ยท Kamis, 28 Juli 2022 - 15:31:00 WIB
DPR Minta Seluruh Perlintasan Sebidang Kereta Ditutup Buntut Kecelakaan Odong-odong
Kecelakaan odong-odong tertabrak kereta di Serang. (Foto: MPI/Mahesa Apriandi)

JAKARTA, iNews.id - Komisi V DPR meminta pemerintah menutup seluruh perlintasan sebidang agar tidak lagi terjadi kasus kecelakaan odong-odong tertabrak kereta. Sebelumnya kecelakaan maut odong-odong terjadi di perlintasan tanpa palang pintu, Serang, Banten pada Selasa kemarin.

Ketua Komisi V DPR Lasarus mengingatkan pemerintah untuk menjadikan kecelakaan maut odong-odong di Serang itu sebagai bahan evaluasi. Menurut Lasarus, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah wajib menggalakkan sosialisasi serta edukasi keselamatan berkendara kepada masyarakat.

“Ini masalah klasik di perlintasan sebidang kereta api. Masalah seperti ini akan terus berulang mana kala kesadaran pengguna jalan yang kurang terhadap bahaya yang mengitai di perlintasan sebidang atau pengamanan pintu perlintasan sebidang yang lemah,” katanya, Kamis (28/7/2022).

Lasarus pun meminta Pemerintah melalui instansi-instansi terkait untuk menutup seluruh perlintasan sebidang, khususnya perlintasan ilegal maupun yang tidak memiliki palang pintu. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya lagi kecelakaan lalu lintas. 

“Yang paling aman memang tidak ada lagi perlintasan sebidang. Semestinya kecelakaan bisa dicegah jika perlintasan sebidang ilegal tegas ditutup, dan atau semua dalam penjagaan petugas perkeretaapian,” ujar Lasarus.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda