DPR Pertanyakan Penempatan Kantor Yosi di Kominfo, Ini Jawaban Pemerintah

Antara · Rabu, 02 September 2020 - 16:53 WIB
DPR Pertanyakan Penempatan Kantor Yosi di Kominfo, Ini Jawaban Pemerintah

Ilustrasi, Gedung DPR. (Foto: Sindo Media).

JAKARTA, iNews.id - Kalangan DPR mempertanyakan alasan pemerintah menempatkan kantor Herman Josis Mokalu atau dikenal Yosi di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta. Pertanyaan ini dinilai perlu disampaikan karena menyangkut kinerja keuangan Kominfo Tahun Anggaran 2019 terkait Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

Anggota Komisi I DPR, Dede Indra Permana mengatakan, Staf Ahli Kominfo Henri Subiakto dalam acara program televisi menyebut nama Yosi Mokalu sebagai orang yang melatih influencer melalui program siberkreasi.

"Mereka satu-satunya komunitas digital, bahkan bisa berkantor Kominfo. Yang menjadi pertanyaan saya, apa dasar kebijakannya? Berapa besar anggaran yang dialokasikan untuk siberkreasi?" ujar Dede di Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Sementara itu, ​​​​​​​Sekretaris Jenderal Kominfo ​​​​​​​Rosarita Niken Widiastuti membantah Ketua Siberkreasi Yosi Mokalu berkantor di Kominfo.​​Menurutnya, tidak ada kantor Siberkreasi di Kominfo, yang ada hanya sekretariat.

Banyaknya program, kata dia memerlukan sekretariat. "Sehingga kalau tadi dibilang pak Yosi Mokalu, itu sama sekali tidak berkantor di Kemkominfo hanya Sekretariat yang beroperasi secara administrasi," kata Niken.

Editor : Kurnia Illahi