DPW Perindo Sulsel Sebut Peran Jubir Amat Penting dalam Budaya Bugis dan Makassar

Carlos Roy Fajarta ยท Rabu, 20 Juli 2022 - 14:47:00 WIB
DPW Perindo Sulsel Sebut Peran Jubir Amat Penting dalam Budaya Bugis dan Makassar
Pelatihan Juru Bicara Daerah dan Wilayah Partai Perindo digelar di Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Rabu (20/7/2022). (Foto: Perindo)

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPW Partai Perindo Sulawesi Selatan, Sanusi Ramadhan menyebutkan peran dari juru bicara (jubir) amat penting dalam budaya Bugis dan Makassar. Hal tersebut dia sampaikan dalam pembukaan Pelatihan Juru Bicara Daerah dan Wilayah Partai Perindo Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Rabu (20/7/2022).

"Kenapa kita hadir yang dari seluruh pelosok Sulawesi Selatan sesungguhnya untuk menegaskan pentingnya kembali bahwa kehadiran kita adalah Partai Perindo," ujar Sanusi Ramadhan.

Dia menyebutkan pengalaman pada Pemilu 2019 menjadi refleksi seluruh pengurus untuk bisa mendapatkan hasil lebih baik dan maksimal di Pemilu 2024.

"Sulawesi Selatan kemaren baru 23 orang yang kita bisa dudukkan di DPRD provinsi maupun kabupaten kota. Harus memahami keberadaan kita Perindo. Ada juklis dan juklak. Menyegarkan ingatan kita, bahwa kita di sini ada kesamaan cita-cita dan semangat bahwa di Pemilu 2024 harus kita menangkan," kata Sanusi Ramadhan dengan suara bersemangat.

Dalam konteks budaya orang Sulawesi Selatan, seperti Bugis, Makassar, Mandar, dan Tana Toraja dikatakan Sanusi sejak dahulu sudah ada terminologi juru bicara. 

"Perannya sudah ada sejak Kerajaan Gowa dalam struktur  kepemimpinan ada di posisi kedua yang memiliki peran sangat besar untuk menyampaikan apa pesan raja dan memberikan nasehat kepada raja," tutur Sanusi Ramadhan.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda