Fahri Hamzah: Ormas Garbi Bakal Jadi Partai Politik

Felldy Utama ยท Jumat, 12 Juli 2019 - 04:00 WIB
Fahri Hamzah: Ormas Garbi Bakal Jadi Partai Politik

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Fahri menyebut ormas Garbi akan berubah menjadi partai politik. (Foto: iNews.id/Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id – Organisasi masyarakat Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) akan berubah menjadi partai politik. Perubahan ini tak lepas dari keinginan untuk menumbuhkan kembali kebesaran Indonesia.

Rencana perubahan itu diungkapkan salah satu inisiator Garbi Fahri Hamzah. Setahun lebih keliling Indonesia, dia mendapatkan mendapatkan aspirasi bahwa gerakan pemikiran yang dilakukan Garbi bisa diteruskan menjadi sebuah gerakan politik berbentuk sebuah partai politik.

Garbi kelak diharapkan bisa memecah kebekuan yang sekarang muncul di tengah-tengah masyarakat Indonesia terkait konstelasi politik yang berkembang akhir-akhir ini.

"Dan akhirnya disepakatilah dalam pembicaraan-pembicaraan belum kita formalkan, sehingga tinggal menunggu waktu kapan kita melakukan fomalisasi pembentukan partai politik," kata Fahri, Kamis (11/7/2019).

Politikus asal Sumbawa itu mengatakan, partai baru yang ingin dibentuk ini berlatar belakang kelahiran Garbi itu sendiri yakni menjadi partai yang ingin keluar dari stigma yang menyempitkan potensi bangsa Indonesia, yang kontra produktif terhadap peluang kolaborasi, inovatif dan kreatif di antara sesama anak bangsa.

"Jadi kami ingin memulai sebenarnya dengan satu pendekatan yang memiliki implikasi yang menumbuhkan optimisme dan imajinasi tentang kebesaran Indonesia," ujar wakil ketua DPR ini.

Oleh karena itu, dia pun menawarkan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki pandangan yang serupa dengan apa yang ditawarkan Garbi untuk bisa bergabung menjadi kontituen atau basis partai Garbi.

"Kita tidak mau apa namanya basis itu berdasar pada politik aliran tradisional, tetapi melintas batas kepada siapa saja yang menyepakati cara berpikir yang ditawarkan," katanya.


Editor : Zen Teguh