Farid Wadjdi Husain, Juru Damai Indonesia-GAM Meninggal Dunia

Binti Mufarida ยท Selasa, 23 Maret 2021 - 23:59:00 WIB
Farid Wadjdi Husain, Juru Damai Indonesia-GAM Meninggal Dunia
Farid Wadjdi Husain (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu tokoh yang terlibat dalam perundingan dalam Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka, Farid Wadjdi Husain meninggal dunia. Farid meninggal di Rumah Sakit (RS) Wahidin Sudirohusodo.

"Telah berpulang ke rahmatullah, Suami / Kakek / Ayahanda / Paman kami tercinta Dr. Farid Wadjdi Husain, Sp.BKBD," kata perwakilan keluarga, Langgo Farid dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/3/2021).

Langgo menyampaikan keluarga sangat terpukul dengan kepergian Farid. Dia berharap almarhum dapat dimaafkan segala khilafnya.

"Mohon maaf atas segala kesalahan yang pernah diperbuat beliau semasa hidupnya," ujar Langgo.

Farid diketahui terlibat dalam perundingan konflik Indonesia-GAM ini dimediasi oleh Martti Ahtisaari. 

Pada perundingan ini berhasil mewujudkan Kesepakatan Helsinki yang ditandatangani pada 15 Agustus 2005. Sehingga, konflik Aceh yang telah berlangsung 30 tahun berakhir.

Peran utama Farid Husain adalah melaksanakan inisiatif Wakil Presiden Jusuf Kalla di belakang layar (second track diplomacy) sebelum dan dalam proses perundingan. Sejak tahun 2003, dia juga menjalin komunikasi untuk membangun kepercayaan ke dalam lingkungan pimpinan GAM di dalam dan di luar negeri.

“Dokter Farid, seorang tokoh perdamaian yang ikut berperan aktif dalam penyelesaian konflik Poso, Ambon dan Aceh. Jasanya sangat besar kepada negara.” kata Jusuf Kalla, melalui kesempatan terpisah.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq