Geledah 2 Lokasi, KPK Belum Berhasil Tangkap Buronan Nurhadi dan Menantunya

Riezky Maulana ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 07:31 WIB
Geledah 2 Lokasi, KPK Belum Berhasil Tangkap Buronan Nurhadi dan Menantunya

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri. (Foto: iNews.id/ Riezky Maulana).

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mencari keberadaan tersangka suap dan gratifikasi terkait pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan menantunya, Rezky Herbiyono. Saat ini keduanya telah ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO).

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, KPK menggeledah dua lokasi di Jawa Timur. Lokasi pertama di rumah mertua Nurhadi, Tulungagung. Lokasi kedua, yaitu di rumah adik ipar Nurhadi, Surabaya.

"Informasi terakhir dari yang di Tulungagung tidak mendapatkan para DPO, kemudian malam ini masih dilakukan penggeledahan ke tempat lain di Surabaya," ujar Ali di Gedung KPK, Rabu (26/2/2020).

Dia menuturkan, dari penggeledahan di Surabaya, KPK juga belum berhasil menemukan Nurhadi dan menantunya. "Tadi itu kan di rumah mertuanya di Tulungagung, saat ini di rumah adik dari istrinya," ucapnya.

Menurutnya, penggeledahan di lokasi tersebut difokuskan untuk mencari kedua DPO, bukan pencarian alat bukti.

"Ini kan penggeledahan rumah ya, bukan penggeledahan pencarian barang bukti. Ini beda dengan penggeledahan biasa," katanya.

Dalam kasus ini, mantan Sekretaris MA, Nurhadi diduga menerima suap dan gratifikasi senilai Rp46 miliar.


Editor : Kurnia Illahi