Hadiri Gladi Resik, Panglima Pastikan Latgab TNI Dharma Jaya 2019 Berjalan Baik

Wildan Catra Mulia · Rabu, 11 September 2019 - 17:41 WIB
Hadiri Gladi Resik, Panglima Pastikan Latgab TNI Dharma Jaya 2019 Berjalan Baik

anglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri gladi resik latihan gabungan (Latgab) TNI Dharma Yudha 2019 di titik tinjau T.12 pusat latihan pertempuran Korps Marinir, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (11/9/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catr

SITUBONDO, iNews.id - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri gladi resik latihan gabungan (Latgab) TNI Dharma Yudha 2019 di titik tinjau T.12 pusat latihan pertempuran Korps Marinir, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (11/9/2019). Kehadiran Panglima untuk memastikan Latgab yang akan dilaksanakan Kamis, 12 September 2019 dapat berjalan baik.

Dari pantauan iNews.id di lokasi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto datang bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Aji. Begitu tiba, Panglima dan para Kepala Staf langsung meninjau lokasi latgab.

"Baru saja kita sudah menyaksikan semua adalah persiapan untuk fire power demo yang dilaksanakan besok tanggal 12 September 2019," katanya usai melihat dan meninjau gladi resik di Situbondo, Jawa Timur, Rabu (11/9/2019).

BACA JUGA: Arhanud TNI AD Uji Tembak Rudal Canggih untuk Persiapan Latgab TNI

Mantan kepala staf Angkatan Udara ini mengatakan, tujuan latgab kali ini untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan prajurit. Dengan begitu, para personel dan seluruh sistem yang diperlukan dalam melaksanakan operasi sudah dalam keadaan siap dan siaga.

"Meningkatkan profesionalisme prajurit ketiga Matra dan meningkatkan kemampuan interoperability ketiga Matra karena untuk menyambung kemampuan-kemampuan itu perlu latihan. Latihan gabungan 2019 ini backbound-nya adalah kita menggunakan inter operability yang didukung oleh satu sistem yaitu network centric warefare," ujarnya.

anglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri gladi resik latihan gabungan (Latgab) TNI Dharma Yudha 2019 di titik tinjau T.12 pusat latihan pertempuran Korps Marinir, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (11/9/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

Hadi mengatakan, TNI telah melakukan persiapan secara bertahap sejak Senin, 9 September 2019. Mulai dari manuver lapangan, pendaratan pasukan amfibi pagi hari tadi hingga proses gladi resik yang menerjunkan 12.500 personel dari ketiga matra TNI yakni darat, laut dan udara.

"Hampir seluruh alutsista, tidak semua, kurang lebih 1/3 alutsista yang dimiliki TNI semua terlibat dalam latihan Darma Yudha 2019," katanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menyaksikan latgab kali ini. Presiden Jokowi akan didampingi Menko Polhukam Wiranto, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.


Editor : Djibril Muhammad