Hasnaeni Moein jadi Tersangka Korupsi, Siapakah Dia?

Ami Heppy S · Jumat, 23 September 2022 - 18:11:00 WIB
Hasnaeni Moein jadi Tersangka Korupsi, Siapakah Dia?
Direktur Utama PT Misi Mulia Metrikal, Hasnaeni Moein jadi tersangka korupsi.  Mischa Hasnaeni Moein alias si wanita emas (Foto: Instagram/hasnaeni.wanitaemas)

JAKARTA, iNews.id - Direktur Utama PT Misi Mulia Metrikal, Hasnaeni Moein jadi tersangka korupsi.  

Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menetapkan Hasnaeni Moein atau yang dikenal sebagai ‘Wanita Emas’ sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyimpangan dan penyelewengan dalam penggunaan dana PT Waskita Beton Precast pada tahun 2016-2020. 

Lantaran dianggap tidak kooperatif saat hendak menjalani pemeriksaan, petugas akhirnya menjemput paksa Hasnaeni Moein. 

Berdasarkan informasi dari MNC Portal Indonesia, Hasnaeni tiba di Gedung Bundar Jampidsus Kejagung, Jakarta Selatan pada Kamis (22/9/2022) siang. 

Masuk sekitar pukul 15.20 WIB, Hasnaeni yang duduk di kursi roda, keluar dengan mengenakan rompi tahanan serta tangan diborgol. Namun saat hendak dimasukkan ke dalam mobil tahanan, ia meronta dan berteriak histeris. 

Teriakan Hasnaeni tersebut sontak membuat sejumlah orang yang berada di lokasi tersebut terkejut. Lantas, siapa sebenarnya sosok Hasnaeni Moein atau Wanita Emas ini? 

Berikut iNews.id telah merangkum profil dan sepak terjang Hasnaeni Moein yang jadi tersangka kasus dugaan korupsi PT Waskita Beton Precast.


Hasnaeni Moein jadi Tersangka Korupsi


Hasnaeni Moein ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi oleh Kejagung. Perempuan bernama lengkap Mischa Hasnaeni Moein ini merupakan pendiri Partai Era Masyarakat Sejahtera atau Partai Emas yang dibentuk pada 11 Juli 2020. 

Dari sinilah julukan Wanita Emas itu didapatkannya. 

Lahir di Makassar pada 17 Juli 1976, Hasnaeni Moein merupakan anak dari mantan politikus senior PDIP Max Moein. Sang ayah sendiri diketahui pernah menjabat sebagai anggota DPR pada 1999-2004 dan 2004-2009. 

Sebelum berkecimpung di dunia politik, Hasnaeni diketahui pernah membintangi sejumlah judul sinetron tanah air, seperti sinetron Jin dan Jun serta Saras 008. 

Selain itu, ia juga diketahui memiliki production house sendiri. 

Setelah tidak lagi aktif di dunia keartisan, Hasnaeni Moein kemudian memutuskan untuk terjun ke ranah bisnis. 

Perempuan yang dijuluki Wanita Emas ini dikenal sebagai seorang pengusaha di bidang kontraktor dan energi yang telah digelutinya sejak usia 19 tahun. Salah satu perusahaan yang dipimpinnya yakni PT Misi Mulia Metrical.


Jejak Politik Hasnaeni Moein


Hasnaeni Moein pertama kali terjun ke dunia politik dengan bergabung bersama Partai Hanura. 

Setelah itu, ia kemudian menyeberang dan bergabung bersama Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) yang didirikan Ryaas Rasyid. Di sini, ia pernah dipercaya menjadi salah satu pemimpin dalam partai. 

Setelah itu, Hasnaeni pindah ke Partai Demokrat dan pernah menjadi salah satu caleg DPR RI. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda