Heboh Gempa M8,7 dan Tsunami 29 Meter di Jawa Timur, Begini Penjelasan BMKG

iNews ยท Minggu, 06 Juni 2021 - 03:00:00 WIB
Heboh Gempa M8,7 dan Tsunami 29 Meter di Jawa Timur, Begini Penjelasan BMKG
BMKG menegaskan informasi potensi gempa bumi M8,7 dan tsunami 29 meter di pesisir pantai selatan Jawa Timur bukan merupakan prediksi pasti. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews,id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi penjelasan terkait informasi potensi gempa bumi berkekuatan magnitudo 8,7 dan tsunami 29 meter di sepanjang pesisir pantai selatan Jawa Timur. BMKG menyebut hal itu merupakan skenario terburuk dan bukan merupakan prediksi yang pasti.

BMKG menjelaskan informasi itu diberikan agar masyarakat dan pemerintah daerah mulai melakukan mitigasi. Apalagi Indonesia terletak di wilayah aktif dan rawan gempa bumi yang bisa terjadi kapanpun serta dengan berbagai magnitudo.

"Ini adalah potensi bukan prediksi yg pasti sehingga kapan terjadinya tidak ada yang tahu. Untuk itu kita semua harus melakukan upaya mitigasi struktural dan kultural dengan membangun bangunan aman gempa dan tsunami," tulis BMKG melalui keterangan tertulis yang diterima Minggu (6/6/2021).

BMKG pun mengimbau pemerintah daerah dengan dukungan pemerintah pusat dan swasta bisa mulai menyiapkan sarana serta prasarana evakuasi yang layak dan memadai. Kemudian BPBD memastikan sistem peringatan dini di daerah rawan beroperasi terpelihara dengan layak dan terjaga selama 24 jam tiap hari untuk meneruskan peringatan dini dari BMKG.

Selanjutnya pemerintah daerah dengan pusat melakukan penataan tata ruang pantai rawan agar aman dari bahaya tsunami dengan menjaga kelestarian ekosistem pantai sebagai zona sempadan untuk pertahanan terhadap  gelombang tsunami dan abrasi. Lalu pemerintah daerah dengan pihak terkait perlu membangun kapasitas masyarakat/edukasi masyarakat untuk melakukan respons penyelamatan diri secara tepat saat terjadi gempa bumi dan tsunami.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2