Hukum Newton 1, 2, 3: Pengertian, Rumus dan Contoh Kasusnya

puti aini yasmin ยท Senin, 17 Januari 2022 - 12:14:00 WIB
Hukum Newton 1, 2, 3: Pengertian, Rumus dan Contoh Kasusnya
hukum newton Fisika

JAKARTA, iNews.id - Dalam pelajaran Fisika ada yang dikenal dengan nama hukum newton. Namun apa pengertian, rumus dan contoh hukum newton 1, 2, 3?

Pengertian Hukum Newton 1, 2, 3

Dikutip dari buku 'Ringkasan dan Kumpulan Soal Fisika' terbitan Grasindo, hukum newton adalah rumusan yang menggambarkan kaitan antara gaya dengan gerak sebuah benda. Hukum ini dirumuskan dan dipublikasikan oleh Fisikawan asal Inggris bernama Sir Isaac Newton.

Rumus Hukum Newton 1

Bunyi hukum newton 1 adalah "Jika gaya total yang bekerja pada sebuah benda sama dengan nol, maka benda tersebut akan tetap berada dalam keadaaan gerak awalnya."

Maksud dari bunyi hukum newton 1 adalah jika total gaya yang bekerja pada sebuah benda sama dengan nol, maka benda yang awalnya diam, akan tetap diam dan tidak mungkin bergerak.

Sebaliknya, benda yang awalnya bergerak akan tetap bergerak dengan besar kecepatan yang sama (konstan) dan arah yang sama, tidak mungkin melambat atau bertambah cepat atau berbelok.

Rumus: ∑F = 0, maka p=0 atau p = konstan

Rumus Hukum Newton 2

Bunyi Hukum Newton 2 adalah "Percepatan yang ditimbulkan oleh satu atau lebih gaya yang bekerja pada sebuah benda sebanding dengan besar resultan gaya dan berbanding terbalik dengan massa benda, serta searah dengan arah resultan gaya."

Rumusnya adalah a= ∑F/m atau ∑F = m a

keterangan:

a = percepatan benda∑F = resultan gayam = massa benda

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: