Idul Adha saat Pandemi Covid-19, Wapres Ingatkan Masyarakat Saling Membantu

Fakhrizal Fakhri ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 18:56 WIB
Idul Adha saat Pandemi Covid-19, Wapres Ingatkan Masyarakat Saling Membantu

Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Foto: Instagram Ma'ruf Amin)

JAKARTA, iNews.id - Memaknai Idul Adha 1441 Hijriah, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengajak masyarakat untuk mengamalkan nilai kepatuhan dan pengorbanan dalam menghadapi ujian dari Allah SWT. Menurutnya hal itu dapat dilihat dalam kisah Nabi Ibrahim As.

Ma'ruf Amin menjelaskan kisah Nabi Ibrahim As menjadi tradisi sunah yang diperingati umat Islam dengan melakukan kurban. Menurutnya nilai pertama yang bisa diteladani dari kisah tersebut yaitu jika manusia melaksanakan dan taat kepada yang diperintahkan Allah SWT maka dia merupakan orang yang berbahagia.

Kedua, Ma'ruf Amin mengingatkan Idul Adha tak sekadar simbolisasi dengan penyembelihan hewan kurban. Namun berkurban yang dimaksud yaitu sikap berbagi dan menolong terhadap sesama, apalagi saat ini pandemi covid-19 memberi dampak bagi perekonomian masyarakat.

"Justru yang paling penting untuk berbagi, terutama menolong orang-orang yang miskin. Apalagi pada masa pandemi ini banyak orang-orang yang hidupnya kemudian menjadi miskin dan kehilangan pekerjaan. Pemerintah juga memberikan bantuan, bantuan sosial, untuk menolong mereka," ujarnya dalam khotbah salat Idul Adha di rumah dinasnya, Jakarta Pusat, Jumat (31/7/2020).

Lalu makna ketiga Idul Adha menurut Ma'ruf yakni Allah SWT akan senantiasa menguji hambanya dengan memberikan cobaan-cobaan dalam hidup. Sebagai contoh, salah satu cobaan besar yang sedang diberikan Allah SWT kepada umat manusia saat ini adanya wabah covid-19.

"Allah menyatakan pasti akan menguji kalian semua dengan suatu ketakutan, dengan rasa takut, dengan kelaparan. Akan kita coba untuk menguji kesabaran. Karena dalam situasi biasa-biasa saja, tentu orang tidak pernah kelihatan. Tapi akan kelihatan kalau mengalami ujian atau cobaan. Ketabahan-ketabahannya, kepanikannya di situ akan terlihat," ucapnya.

Oleh sebab itu, Wapres mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk memaknai Idul Adha dengan meningkatkan ketakwaan setiap umat manusia kepada penciptanya. Ia pun berharap seluruh masyarakat dapat melewati cobaan yang sedang dialami dengan baik dan penuh ketabahan.

“Mudah-mudahan dengan kurban, cobaan-cobaan, pentingnya pengorbanan, kepatuhan kepada Allah ini menjadi pelajaran berharga buat kita. Untuk dijadikan contoh dalam kita mengarungi hidup kita. Mudah-mudahan kita menjadi hamba yang patuh kepada Allah SWT," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama