IKADI Ingatkan Menag Yaqut: Azan Itu Mengusir Setan, Tidak Bisa Disamakan dengan Gonggongan Anjing

puti aini yasmin ยท Jumat, 25 Februari 2022 - 16:33:00 WIB
IKADI Ingatkan Menag Yaqut: Azan Itu Mengusir Setan, Tidak Bisa Disamakan dengan Gonggongan Anjing
Menteri Agama Ansor Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Ikatan Dai Indonesia (IKADI) melalui Ketua Umumnya, KH Dr Ahmad Kusyairi Suhail menyayangkan ucapan Menteri Agama (Menag) Yaqut Qoumas yang menyamakan suara azan dengan gonggongan anjing. Sebab, suara azan dapat mengusir setan.

Ahmad memaparkan penyamaan atau qiyas yang dilakukan oleh Yaqut tidak benar perbandingannya karena keduanya tidak sama. Hal ini sama, seperti menyamakan cadar dengan konde atau azan dengan kidung.

"Qiyas semacam ini dikenal dengan Qiyas Ma'al Faariq, yaitu qiyas atau penyamaan yang tidak benar perbandingannya karena jelas keduanya tidak sama. Sebagaimana dulu juga pernah heboh, ada yang mengkiaskan cadar dengan konde dalam hal cantik atau azan dengan kidung dalam hal merdu. Ini jelas qiyas yang batil," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Jumat (25/2/2022).  

Dalam Islam, azan merupakan panggilan mulia untuk mengingatkan umat Muslim beribadah salat . Sehingga, kata Ahmad, hal ini tidak bisa disamakan dengan gonggongan anjing yang tidak ada artinya.

"Bukan sekadar suara atau seni yang mementingkan kemerduan, melainkan ia adalah ibadah, suara mulia memanggil kaum muslimin untuk salat dan sebagai pertanda masuk waktu salat. Jelas, berbeda sekali dengan suara gonggongan anjing," tegas dia.  

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda