Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Gregoria dan Sabar/Reza Tiba-Tiba Masuk Skuad SEA Games, Taufik Hidayat Buka Suara
Advertisement . Scroll to see content

Iklan Komersial: Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis dan Contoh

Kamis, 09 November 2023 - 12:02:00 WIB
Iklan Komersial: Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis dan Contoh
Iklan komersial, mulai dari pengertian, tujuan, ciri, jenis dan contoh (Foto: Istimewa)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id – Iklan komersial, mulai dari pengertian, tujuan, ciri, jenis dan contoh akan diulas dalam artikel ini. Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. 

Iklan biasanya dipasang di dalam media massa atau di tempat umum, juga media sosial. 

Ada dua jenis iklan, salah satunya adalah iklan komersial. Untuk memahami lebih jelas dan gamblang mengenai ikan komersial, berikut adalah pengertian iklan komersial, tujuan iklan komersial, ciri-ciri iklan komersial, jenis iklan komersial dan contoh iklan komersial, yang dikutip dari berbagai sumber, Senin (6/11/2023). 

Pengertian Iklan Komersial 

Mengutip laman Gramedia.com, iklan komersial adalah iklan yang memiliki fungsi untuk mendukung suatu kampanye sebuah pemasaran produk maupun jasa yang ditawarkan. Dengan iklan komersial, suatu produk bisa dikenal luas oleh masyarakat. 

Itulah mengapa iklan komersial muncul di berbagai media massa, termasuk juga platform media sosial (medsos), tergantung pada kebijakan perusahaan atau pihak yang ingin memasarkan produk atau jasanya. 

Iklan komersial ini biasanya memuat beberapa poin informasi terkait barang atau jasa yang mereka promosikan.

Di antaranya, produk yang hendak dikenalkan, penjelasan tentang produk, keunggulan produk, cara mendapatkan produk, dan kadang juga mencantumkan harga serta testimoni konsumen yang telah menggunakan produk atau jasa tersebut. 

Tujuan Iklan Komersial 

Terdapat tiga tujuan utama dari iklan komersial sebagai berikut:

1. Kenalkan Produk atau Merek Tertentu

Tujuan iklan komersial yang pertama adalah memperkenalkan suatu produk, jasa atau merek tertentu. Pada dasarnya, konsumen tidak akan mengenal dan membeli suatu produk jika mereka tidak tahu tentang produk itu. 

Sehingga, penting bagi pihak produsen, penyedia jasa atau pemilik merek tersebut untuk membuat iklannya, dalam rangka menciptakan awareness masyarakat terhadap suatu barang atau merek yang mereka miliki atau disebut informative advertising. 

2. Menarik Calon Konsumen dan Mempertahankan Konsumen Lama

Tujuan iklan komersial yang kedua adalah menarik calon konsumen, dengan cara membuat citra bahwa produk atau jasa yang kalian miliki adalah yang terbaik dari produk atau jasa kompetitor lainnya. 

Sehingga, tujuan iklan komersial ini adalah mengubah persepsi serta membentuk citra positif terkait dengan produk, jasa ataupun suatu merek. Hal ini disebut juga persuasive advertising. 

Dengan demikian, diharapkan para konsumen beralih membeli produk atau menggunakan jasa tersebut. Selain menambah konsumen baru, iklan juga bertujuan untuk mempertahankan konsumen lama. 

3. Memastikan Produk/Jasa Tetap Eksis

Apa maksudnya? Perlu kalian ketahui bahwa setiap produk pasti memiliki life cycle, yakni masa di mana mereka mengalami penurunan atau bahkan penolakan jika produk itu telah mencapai kondisi maturity di pasar. Dan hal ini lumrah dialami oleh setiap produk. 

Guna memperpanjang usia produk di pasaran atau tidak mengalami penurunan lebih awal, diperlukan iklan komersial guna mengingatkan kembali para konsumen terkait produk atau layanan jasa yang sudah eksis sejak lama, hal ini biasa disebut dengan reminder advertising. 

Ciri-ciri Iklan Komersial

Untuk mengetahui seperti apa bentuk iklan komersial, berikut adalah ciri-ciri iklan komersial:

1. Jenis Iklan Berbayar

Sesuai dengan namanya, ciri utama iklan komersial adalah salah satu jenis iklan yang berbayar karena tujuan utamanya adalah komersialisasi produk, merek atau jasa. 

2. Persuasif
Ciri kedua dari iklan komersial adalah bersifat persuasif. Untuk menarik perhatian masyarakat atau calon konsumen, iklan komersial dibuat persuasif agar bisa menjangkau target pasar. Mulai dari ajakan, imbauan hingga keunggulan yang ditawarkan.

3. Bukan Bentuk Komunikasi Personal
Karena targetnya adalah menjangkau konsumen secara luas, sudah barang tentu ciri iklan komersial adalah bentuk komunikasi massa atau non personal communication. 

4. Punya Target Pasar Tertentu
Ciri terakhir adalah punya target pasar tertentu. Setiap produk, jasa atau merek pasti memiliki target pasar tersendiri sesuai dengan produk atau jasa yang diiklankan. Apalagi di era media sosial (medsos) dan internet, iklan yang ditawarkan akan disesuaikan dengan riwayat atau kecenderungan target konsumen saat browsing atau bermedia sosial. 

Jenis Iklan Komersial 

Iklan komersial juga terbagi menjadi dua jenis, yakni iklan komersial strategi dan iklan komersial taktis. Berikut adalah penjelasannya:

1.Iklan Komersial Strategi

Jenis iklan komersial strategi bertujuan untuk membantu proses membangun sebuah merek, produk atau jasa. 

Caranya dengan memberitahukan tentang keunggulan maupun manfaat dari produk atau jasa serta nilai dari merek tersebut. Dengan demikian, konsumen menjadi lebih yakin jika merek produk atau jasa tersebut selalu ada untuk mereka.

2. Iklan Komersial Taktis

Jenis iklan komersial kedua adalah iklan komersial taktis, tujuannya adalah memberikan dorongan atau desakan kepada para konsumen untuk melakukan sebuah kontak dengan merek yang sedang diperkenalkan secara tepat. 

Biasanya, iklan komersial jenis ini akan memberikan penawaran khusus dalam waktu yang relatif singkat. Tujuannya agar para konsumen bisa memberikan respons cepat terhadap produk yang ditawarkan pada hari bahkan waktu yang sama. 

Contoh Iklan Komersial 

Untuk lebih gamblang dalam memahami iklan komersial, berikut adalah contoh iklan komersial:

Iklan Komersial Yakult

Yakult adalah produk minuman probiotik asal Jepang yang telah eksis di Indonesia sejak 1991. Untuk membuat produk ini eksis, mereka membuat iklan dengan tagline yang sangat ikonik yakni “Cintai ususmu, minum Yakult tiap hari”. Saat membaca tagline tersebut, kalian pasti mengingat bagaimana nadanya. 

Iklan Komersial Gojek

Gojek adalah layanan jasa ride hailing yang sudah bertransformasi menjadi decacorn. Di tengah terpaan layanan jasa ride hailing seperti Grab, Uber, Maxim dan merek lainnya, Gojek tetap eksis hingga saat ini. 

Karena iklannya yang kreatif dan sesuai dengan kondisi yang dialami masyarakat membuat merek Gojek melekat di masyarakat, hingga menyebut merek ride hailing lain sebagai “Gojek”. 

Demikianlah informasi dan penjelasan mengenai iklan komersial, mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, jenis, dan contohnya.

Editor: Komaruddin Bagja

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut