Perbedaan Iklan, Slogan, dan Poster yang Jarang Diketahui
JAKARTA, iNews.id – Perbedaan iklan, slogan, dan poster ini harus diketahui para pekerja di bidang advertising. Pasalnya, ketiganya adalah strategi pemasaran yang efektif mengenalkan barang atau jasa suatu perusahaan kepada masyarakat.
Agar suatu bisnis bisa sukses maka diperlukan sebuah upaya promosi guna memperkenalkan produk yang dimiliki. Di antaranya dengan menggunakan iklan, slogan, dan poster.
Iklan, slogan, dan poster adalah beberapa media untuk menawarkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat. Baik iklan, slogan, dan poster pada umumnya dipasang di tempat umum agar bisa dilihat oleh khalayak.
Walaupun begitu, ketiganya mempunyai sejumlah perbedaan yang perlu diketahui. Mulai dari isi, bentuk dan tujuannya.
Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan iklan, slogan dan poster, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dari ketiga hal tersebut, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (29/9/2023).
Dikutip dari buku ‘Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8’ terbitan Gramedia Widiasarana Indonesia, slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan (pegangan hidup), prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainnya.
Iklan adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukkan kepada sebagian besar masyarakat. Poster
Poster adalah plakat yang dipajang di tempat-tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak.