Iklan Media dan Kampanye Terbuka Pemilu 2019 Mulai 24 Maret-13 April

Felldy Utama ยท Kamis, 14 Februari 2019 - 17:12 WIB
Iklan Media dan Kampanye Terbuka Pemilu 2019 Mulai 24 Maret-13 April

KPU bersama peserta Pemilu 2019 dan tim sukses pasangan calon presiden-cawapres menggelar rapat bersama membahas iklan media dan kampanye rapat umum terbuka. (Foto: iNews.id/Feldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama peserta Pemilu 2019 dan tim sukses pasangan calon presiden-cawapres menggelar rapat bersama membahas iklan media dan kampanye rapat umum terbuka. Kampanye terbuka dilaksanakan dalam waktu 21 hari sejak 24 Maret hingga 13 April 2019.

“Pembahasan ini ditunggu karena dari banyak diskusi, dikatakan bahwa publik paling mudah mengenal dan memahami kandidat melalui media elektronik,” kata Ketua KPU Arief Budiman dalam rapat bersama di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (14/2/2019).

KPU membuat ketentuan mengenai jadwal kampanye rapat umum dan sosialisasi fasilitasi iklan kampanye di media cetak dan elektronik pada Pemilu 2019. Aturan ini mengacu pada Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

BACA JUGA: Target Kemenkes di 2019, Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat

Rapat bersama dilakukan agar seluruh peserta pemilu maupun media mematuhi regulasi dan petunjuk teknis bagaiamana pola siaran kampanye.

“Ketika ada keraguan khususnya penayangan kampanye, silakan konsultasikan kepada help desk KPU. Pemahaman penyelenggara dan peserta Pemilu terkait regulasi ini harus sama karena kalau tidak maka akan ada potensi munculnya pelanggaran,” ujar Arief.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, adanya regulasi tentang iklan kampanye dan ketentuan rapat umum, diharapkan menjadi pedoman bagi peserta dan penyelenggara pemilu untuk menaatinya.

“Fasilitas penayangan iklan kampanye di media bagi peserta pemilu dilaksanakan pada tahun anggaran 2019 sesuai kemampuan anggaran KPU,” tutur Iwan.

Dalam rapat bersama itu, juga dibahas bagaimana desain dan materi iklan kampanye, dan format penayangan iklan di media. Rapat dihadiri komisioner KPU, Bawaslu, partai politik peserta pemilu, tim sukses dua pasangan capres-cawapres, perwakilan Dewan Pers, dan KPI.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto