Ikon Prestasi Pancasila, Upaya Partisipatoris-Kolaboratif Pembinaan Ideologi Pancasila

Rizqa Leony Putri · Senin, 05 Desember 2022 - 12:00:00 WIB
Ikon Prestasi Pancasila, Upaya Partisipatoris-Kolaboratif Pembinaan Ideologi Pancasila
Kepala BPIP Yudian Wahyudi menegaskan ajang Ikon Prestasi Pancasila 2022 merupakan upaya partisipatoris dan kolaboratif pembinaan ideologi Pancasila. (Foto: dok BPIP)

YOGYAKARTA, iNews.id - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) secara resmi membuka malam penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila 2022. Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengatakan, Ikon Prestasi Pancasila merupakan upaya partisipatoris dan kolaboratif pembinaan ideologi Pancasila yang diinginkan oleh Presiden.

Yudian mengatakan, Pancasila salah satu ideologi bangsa untuk mempererat persatuan. "Pancasila yang merupakan ideologi bangsa memiliki peran penting untuk menjamin kedaulatan dan kemakmuran masyarakat, sehingga upaya-upaya kolaborasi, sinergi, kerja sama perlu dibangun dalam ekosistem yang positif dengan metode-metode yang kekinian dan partisipatoris," katanya, Sabtu (3/12/2022).

Menurutnya, pendekatan partisipatoris-kolaboratif merupakan pengejawantahan nilai-nilai gotong royong. Para Ikon Prestasi Pancasila tersebut diharapkan menjadi panutan dan sumber inspirasi kita untuk terus bersama membangun dan mencintai Indonesia.

"Semoga dengan dianugerahkan sebagai Ikon Prestasi Pancasila 2022 bisa menjadikan para Ikon menjadi contoh tauladan bagi masyarakat luas dan dilingkungan sekitar mereka," tuturnya. 

Yudian menuturkan, tahun ini BPIP memberikan anugerah Ikon Prestasi Pancasila kepada 45 orang/komunitas/kelompok masyarakat. Mereka terbagi menjadi lima kategori, yaitu penggerak lintas iman, olahragawan, budayawan dan seniman, tokoh kewirausahaan sosial, hingga tokoh sains dan teknologi.

Dalam pidatonya, Kepala BPIP juga menyampaikan bahwa selain sebagai upaya melibatkan masyarakat dalam membumikan nilai-nilai Pancasila, penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila juga merupakan bentuk penghargaan kepada nominasi terpilih.

Editor : Rizqa Leony Putri

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda